Ukuran Kertas Foto

  • 4 min read
  • Nov 07, 2020

Kertas foto yang dalam standar ISO dikenal dengan nama kertas seri R adalah salah satu jenis kertas yang khusus dipakai untuk mencetak foto.

Sebagaimana kertas seri lain, ukuran kertas foto juga sudah sudah terstandar sehingga di manapun ukuran lebar dan panjangnya akan tetap sama.

Tidak jauh berbeda pula dengan kertas seri A dan B, kertas seri R memiliki beberapa varian atau penamaan yaitu kertas foto 2R, 3R, 4R, 5R, 6R, 7R, 10R, dan seterusnya hingga 30R.

Nah, di sini akan kami bahas beberapa ukuran foto yang lazim digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kami akan ulas konversi ukurannya dalam CM dan Inchi berikut penggunaan dari masing-masing ukuran foto tersebut.

Berbagai Ukuran Kertas Cetak Foto

Ukuran Kertas Seri R Dalam Iso

Perbedaan ukuran pada masing-masing kertas foto berkaitan erat terhadap peruntukan dari foto yang akan dicetak.

Misalnya saja pada saat membuat surat lamaran kerja, beberapa dokumen pelengkap membutuhkan pas foto dengan ukuran 4×6.

Selain itu misalnya ketika akan membuat buku nikah atau paspor, maka Anda juga akan dimintai pas foto berukuran 3×4.

Nah, selain kedua ukuran di atas yang biasanya menggunakan satuan cm, standar ukuran foto yang sering kita dengar adalah ukuran dalam satuan R.

Sebenarnya huruf R tersebut bukan satuan, tapi hanya istilah yang dipakai sebagai acuan untuk menentukan ukuran foto yang akan dicetak.

Bagi yang masih bingung dan belum tahu berapa ukuran foto 2R, 3R, dan seterusnya jika dikonversi dalam satuan cm dan inchi, berikut ini sudah kami siapkan tabel ukuran foto dalam cm dan inchi.

Ukuran Kertas Foto Seri RUkuran Dalam CMUkuran Dalam Inchi
2R6 x 92 x 3,5
3R6 x 12 3.5 x 5
4R10 x 154 x 6
5R12 x 175 x 7
6R15 x 206 x 8
8R20 x 258 x 10
10R25 x 3810 x 12
12R30 x 3912 x 15,5
16R40 x 5016 x 20
20R50 x 6020 x 24
24R60 x 8024 x 31,5
30R75 x 10030 x 40

Ukuran Foto Yang Sering Dipakai Beserta Fungsinya

Ukuran Kertas Foto R Dalam Cm

Jika mengacu pada tabel ukuran kertas foto di atas, bisa disimpulkan bahwa ada banyak sekali ukuran foto yang bisa kita pilih.

Tapi dalam kehidupan sehari-hari, faktanya hanya ada beberapa ukuran cetak foto yang lazim dan sering dipakai.

Berikut ini ukuran foto yang biasanya dipakai beserta fungsinya:

Foto Ukuran 3×4

Seperti yang sudah kami paparkan di atas, ukuran foto 3×4 biasanya dipakai untuk kebutuhan pelengkap dokumen dan beberapa jenis surat.

Contoh nyata dari penggunaan foto ukuran 3×4 ini adalah saat membuat pas foto untuk paspor dan buku nikah.

Karena penggunannya yang bersifat formal dan resmi, foto ukuran 3×4 biasanya menampilkan wajah dan setengah badan pemilik foto dalam tampilan formal.

Selain itu, foto ukuran 3×4 juga biasanya diberi latar belakang berwarna merah atau biru mengikuti angka tahun lahir pemilik foto.

Foto Ukuran 3R

Dari sekian banyak ukuran foto, ukuran 3R menjadi salah satu ukuran kertas foto yang paling banyak dipakai.

Merunut dari ukurannya pada tabel di atas, ukuran 3R ini sama saja dengan ukuran 8,9 x 12,7 dalam satuan centimeter.

Yang perlu diperhatikan, saat mencetak foto ukuran 3R, Anda harus menggunakan ukuran pixel yang tepat agar foto tidak pecah.

Nah, ukuran dalam pixel yang disarankan untuk mencetak foto 3R adalah 1051 x 1500 pixel.

Foto Ukuran 4R

Untuk keperluan hiasan dinding, orang-orang biasanya akan mencetak foto dengan ukuran 4R.

Lagi-lagi jika melihat ukurannya pada tabel di atas, ukuran 4R ini sama dengan ukuran 10,2 x 15,2 dalam satuan cm.

Tidak jauh berbeda dengan ukuran 3R, Anda juga harus memperhatikan penggunaan ukuran pixel sebelum mencetak foto ukuran 4R.

Kalau beranya ukuran pixel yang disarankan, maka untuk mendapatkan hasil cetakan foto yang tidak pecah pada ukuran 4R, disarankan agar Anda menggunakan ukuran 1500 x 2102 pixel.

Foto Ukuran 10R

Ukuran ini mungkin jarang dipakai. namun, ukuran 10R sangat tepat kalau Anda ingin mencetak foto yang akan dijadikan hiasan dinding di ruang tamu karena ukurannya yang besar.

Foto ukuran 10R jika dilihat pada tabel di atas sama saja ukurannya dengan 25,4 x 30,5 dalam satuan cm. Agar hasil cetakan dalam ukuran ini tidak pecah, Anda disarankan mengatur ukuran foto dalam pixel dengan ukuran 3000 x 3602 pixel.

Mengedit ukuran foto dengan dimensi 10R mungkin tidak mudah bagi sebagian orang. Nah solusinya, Anda bisa minta bantuan tukang foto untuk membuatkan ukuran foto 10R sekaligus mencetaknya agar hasilnya lebih sempurna.

Beberapa Jenis Kertas Cetak Foto

Ukuran Kertas Cetak Foto

Sebagai tambahan informasi, selain mengatur ukuran foto sesuai ukuran standar, Anda juga musti pintar-pintar dalam memilih jenis kertas yang akan dipakai mencetak foto.

Pemilihan jenis kertas foto ini nantinya akan menjadi salah satu penentu baik tidaknya kualitas hasil cetakan foto yang akan Anda dapatkan.

Berikut beberapa pilihan kertas foto yang tersedia di pasaran:

Glossy

Kertas Glossy, dari namanya bisa ditebak bahwa kertas foto satu ini punya stuktur yang halus dan mengkilap.

Hasilnya, saat mencetak foto dengan kertas Glossy, Anda akan mendapatkan tampilan foto yang memiliki tingkat ketajaman warna yang tinggi dan cerah.

Namun, kertas Glossy memiliki kekurangan yaitu foto Anda nantinya akan mudah tergores dan menyebabkan kerusakan pada objek yang ada dalam foto.

Matte

Ini adalah salah satu jenis kertas foto yang paling banyak dipakai. karakteristiknya halus tapi tidak terlalu mengkilap seperti kertas Glossy.

Kelebihan dari kertas matte ini adalah mampu menghasilklan cetakan foto yang cukup baik.

Hanya saja, kualitas cetakan terbaik yang bisa dihasilkan dari kertas Matte ini adalah saat mencetak foto hitam putih atau foto klasik.

Metalic

Seperti namanya, kertas Metalic dapat menghasilkan kualitas cetakan foto yang terlihat lebih mencolok dan mengkilap layaknya sebuah logam.

Anda bisa pilih jenis kertas ini untuk mencetak foto yang dianggap paling berkesan dan istimewa, misalnya untuk mencetak foto keluarga dengan ukuran ukuran 10R.

Meskipun mengkilap seperti hasil cetakan pada kertas Glossy, tapi kertas metalic ini lebih tahan dari goresan sehingga foto akan lebih awet dan tahan lama.

Baca juga: Ukuran kertas F4.

Luster

Jenis kertas foto terakhir yang bisa Anda pilih untuk mencetak foto adalah kertas Luster.

Tidak jauh berbeda dengan kertas jenis Matte, kertas Luster juga dapat menghasilkan cetakan foto yang cukup baik dengan komposisi warna yang lebih solid.

Jika diamati, hasil cetakan foto dengan kertas Luster terlihat agak mengkilap dan berkilau layaknya mutiara.

Untuk jenis foto ukuran 4r yang akan dipajang pada dinding ruangan, kertas Luster adalah salah satu jenis kertas yang cocok untuk digunakan.

Penutup

Yup, itulah ulasan tentang ukuran kertas foto seri R dalam satuan cm dan inchi beserta penggunaan dari masing-masing ukuran foto.

Jadi saat akan mencetak foto, Anda perlu menyesuaikan ukurannya dengan standar ukuran foto yang masuk dalam ukuran seri R tersebut.

Baca juga: Ukuran kertas seri A lengkap.

Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa kalau ada pertanyaan seputar ukuran foto, kami persilahkan untuk menuliskannya di kolom komentar.

Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *