Syarat Pengambilan Kartu BPJS Kesehatan

  • 3 min read
  • Oct 08, 2020

Simak ulasan tentang √ syarat pengambilan kartu BPJS kesehatan dan √ berkas yang harus dibawa saat pengambilan kartu BPJS berikut.


BPJS memang mencari solusi untuk sebagian masyarakat Indonesia. Biasanya masyarakat lebih memanfaatkan BPJS sebagai antisipasi kesehatan dengan menggunakan kartu BPJS kesehatan.

Cara-Mengambil-Kartu-BPJS

Semenjak tanggal 1 Januari 2014, Askes (Asuransi Kesehatan) milik negara berganti nama menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Badan hukum ini diadakan sebagai wadah sebagai program jaminan kesehatan masyarakat Indonesia.

Semua rakyat Indonesia dianjurkan untuk menjadi anggota BPJS Kesehatan. Bagi masyarakat yang belum mendaftar dianjurkan untuk mendaftar sebagai anggota BPJS.

Ketika JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) resmi diluncurkan oleh pemerintah, namanya berubah menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan adalah perubahan nama dari Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja).

Setelah melakukan pendaftaran sebagai anggota BPJS Kesehatan dengan mengisi formulir yang sudah disediakan, Anda wajib mengambil kartu BPJS Anda ke kantor Cabang di wilayah Anda.

Apa saja syarat yang dibutuhkan untuk mengambil kartu BPJS?

Pada kesempatan ini beguspedia akan membahas bagaimana syarat untuk pengambilan Kartu BPJS Kesehatan ke Kantor Cabang. Berikut, informasi selengkapnya.

Syarat Pengambilan Kartu BPJS Kesehatan

Syarat-Pengambilan-Kartu-BPJS-Kesehatan

Mengisi informasi pada formulir

Persyaratan untuk pengambilan kartu BPJS kesehatan di kantor cabang yaitu, pertama-tama kamu harus mengisi informasi pada formulir.

Saat datang ke kantor cabang BPJS, mintalah formulir pendaftaran pada petugas BPJS. Kemudian isilah data-data yang dibutuhkan pada formulir tersebut.

Data-data yang harus di isi adalah:

  • Nomor kartu keluarga
  • Nomor kartu tanda penduduk
  • Nama lengkap
  • Tempat dan tanggal lahir
  • Jenis kelamin
  • Status pernikahan
  • Alamat lengkap mencakup kelurahan, kecamatan dan kabupaten, kemudian nomor telepon
  • Kewarganegaraan
  • Iuran kelas
  • NPWP
  • Alamat email
  • Nama fasilitas kesehatan
  • Rekening bank
  • Nama di rekening
  • Daftar anggota keluarga

Namun, jika kantor cabang BPJS antri dan kemungkinan besar pasti antri, sebaiknya kamu cetak sendiri formulir pendaftarannya. Dan Anda bisa mengisi formulir tersebut di rumah.

Namun perlu diperhatikan untuk pengisian formulir ini diisi dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Agar proses accept dari pihak BPJS tidak ada kendala. Biasanya pendaftaran terkendala dikarenakan ada data yang tidak sesuai.

Banyak pendaftar BPJS yang tidak di accept karena nomor kartu tanda penduduk yang tidak sesuai dengan tanggal lahir yang ada pada akta kelahiran. Jika itu juga terjadi pada anda, silahkan cek lagi nomor kartu tanda penduduk Anda.

Cek dan pastikan Anda sudah menuliskan data pada formulir dengan benar

Jika sudah benar dan tetap ditolak, berarti kartu tanda penduduk Anda bermasalah pada penomorannya. Segera perbaiki kartu tanda penduduk Anda untuk bisa mendaftar BPJS.

Jika pendaftaran sudah selesai Anda lakukan, nanti Anda akan mendapatkan virtual akun/virtual account.

Simpan baik-baik virtual akun tersebut karena nantinya virtual akun ini akan Anda gunakan sebagai nomor referensi untuk pembayaran iuran pertama BPJS.

Saat pertama kali Anda melakukan pembayaran iuran BPJS, Anda akan diminta mencantumkan nomor virtual akun Anda. Biasanya, iuran pertama BPJS dibayar 14 hari setelah Anda diberi nomor virtual akun.

Setelah iuran pertama dibayar, jangan lupa simpan baik-baik bukti transaksi pembayaran. Hal ini karena nantinya bukti transaksi tersebutakan Anda gunakan pada saat pengambilan kartu BPJS.

Baca juga : Cara Pindah Alamat BPJS Kesehatan

Membawa dan menyerahkan berkas yang diminta oleh pihak BPJS

Setelah itu datanglah ke kantor cabang BPJS terdekat di wilayah Anda untuk pengambilan kartu BPJS kesehatan.

Jangan lupa bawa berkas yang diminta oleh pihak BPJS. Jika Anda belum tahu apa saja berkas yang harus dibawa dalam persyaratan untuk pengambilan Kartu BPJS Kesehatan ke Kantor Cabang.

Pada kesempatan ini akan saya kasih tahu berkas apa saja yang harus dibawa.

Berkas yang harus dibawa adalah:

  • 1 lembar fotocopy kartu tanda penduduk
  • 1 lembar fotocopy kartu keluarga

Jika KTP Anda masih dalam proses pembuatan, Anda bisa mengganti data tersebut dengan cara membawa 1 lembar fotocopy akta kelahiran.

Selain 1 lembar fotocopy akta kelahiran siapkan juga 1 lembar pas foto ukuran 3 x 4 dengan background merah atau biru.

Jangan lupa bawa juga virtual account atau e-ID yang telah Anda cetak. Dan janagn lupa membawa bukti pembayaran iuran BPJS kesehatan dari bank atau PPOB.

Baca juga : Cara Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan Online

Sekian informasi mengenai persyaratan untuk pengambilan Kartu BPJS Kesehatan ke Kantor Cabang yang saya tulis ini. Semoga informasi persyaratan untuk pengambilan Kartu BPJS Kesehatan ke Kantor Cabang ini bermanfaat, dan selamat menjadi peserta BPJS.

Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *