Perbedaan Shared Hosting Dan Cloud Hosting

  • 3 min read
  • Sep 22, 2022

Kecepatan website ketika diakses akan membuat nyaman para pengunjungnya. Karena jika website yang dikunjungi lambat maka pengunjung akan malas dan berpindah ke website lainnya.

Kecepatan website tersebut sebagai salah satu penunjang ranking artikel yang berada di posisi pertama mesin pencari, misalnya pencarian di google atau Bing.

Untuk mendapatkan website yang cepat ketika diakses dibutuhkan sebuah server atau hosting yang handal dan bagus. Banyak jasa layanan penyedia hosting yang bagus di Indonesia seperti Domainesia, Rumahweb, Niagahoster dan lainnya.

Anda dapat beli hosting murah di Domainesia sebagai penyedia jasa sewa hosting yang murah, mulai dari Rp 14.000 perbulan. Di Domainesia juga menyediakan Cloud VPS murah mulai dari harga Rp 80.000 perbulan.

Perbedaan Shared Hosting Dengan Cloud Hosting

Nah tinggal sesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam menentukan penggunaan shared hosting atau cloud hosting untuk memenuhi kebutuhan website Anda. Untuk itu simak perbedaan antara shared hosting dan cloud hosting berikut ini.

Perbedaan Shared Hosting Dan Cloud Hosting

1. Shared Hosting

Shared hosting adalah suatu layanan dalam web hosting yang memiliki harga paling murah jika dibandingkan dengan jenis layanan hosting lain.

Karena shared hosting ini merupakan layanan hosting di mana satu akun hosting dalam satu server yang sama akan di isi oleh beberapa akun milik pengguna lainnya.

Jadi, dengan kata lain dalam satu server akan terdapat banyak akun dengan memakai data penyimpanan, RAM dan prosesor secara bersama-sama.

Untuk itu shared hosting ini akan menjadi pilihan yang tepat oleh para blogger-blogger pemula yang baru ingin memulai dalam membuat blog. Selain itu harganya juga lebih murah dan terjangkau.

Namun demikian shared hosting memiliki kendala yang sering terjadi. Biasanya terjadi server down karena penggunaan resource penyimpanan, RAM dan processor yang digunakan berlebihan oleh lebih dari satu akun, sehingga akun lainnya akan terdampak.

TRENDING:  APN Telkomsel 4G

Kelebihan Shared Hosting

  • Harga shared hosting lebih terjangkau dibanding layanan hosting lainnya
  • Pemakainnya cenderung lebih mudah lebih mudah, karena segala peripheralnya sudah tersedia dalam akun shared hosting
  • Sangat tepat untuk website dengan skala kecil
  • Tersedianya Control Panel yang simple dan mudah dalam pengoperasiannya

Kekurangan Shared Hosting

  • Server sering down yang menyebabkan akses terhenti atau lambat
  • Karena digunakan rame-rame, resource server dibagi tidak rata untuk masing-masing akun
  • Server berpotensi terkena gangguan jika terdapat akun yang bemasalah
  • Terdapat pembatasan penggunaan sumber daya yang ada
  • Tidak dapat menambahkan software sesuai yang diinginkan
  • Faktor Keamanan yang kurang dan rawan terjadi penyalahgunaan akses dari fitur yang ada

2. Cloud Hosting

Cloud Hosting merupakan suatu layanan hosting yang menempatkan data-data website pada kumpulan server-server yang saling terhubung antara satu sama lain dan berfungsi menjadi satu kesatuan.

Artinya, data-data website yang disimpan berada pada server virtual dan bukan lagi menggunakan server fisik seperti shared hosting.

Cara kerja cloud hosting ini lebih aman karena saat terjadi suatu kendala atau problem pada server. Kejadian ini akan secara otomatis akan digantikan oleh server yang masih aman untuk menggantikan tugas server yang sedang ada masalah.

Dengan demikian tidak akan ada kendala akses pada website, karena tetap aman dan dapat diakses dengan normal. Dengan kata lain cloud hosting adalah layanan dengan prinsip saling membantu antar server.

Website Anda tidak harus bergantung pada salah satu server saja, jika terdapat mesin server yang rusak, mesin server lainnya secara otomatis akan menggantikan kerja server yang rusak dengan sesegera mungkin sehingga waktu server down menjadi sangat kecil.

TRENDING:  APN Axis 4G Tercepat

Kelebihan Cloud Hosting

  • Akan ada backup antar server, jadi akan lebih aman
  • Karena menggunakan virtual, kerja akan lebih mudah
  • Tidak perlu adanya tambahan kemampuan secara teknis karena semua sudah dikontrol oleh pihak provider hosting

Kekurangan Cloud Hosting

  • Harga lebih mahal jika dibandingkan shared hosting.
  • Tidak adanya perlindungan privasi, karena semua data terpusat dan disimpan di cloud server utama

Kesimpulan

Nah, dari ulasan kelebihan dan kekurangan antara shared hosting dan cloud hosting diatas, dapat disimpulkan bahwa cloud hosting memiliki keunggulan dibandingkan dengan shared hosting.

Namun begitu tetap keputusan ditangan Anda, sesuaikan dengan kebutuhan dalam membangun website yang Anda inginkan. Keduanya sama-sama dapat memenuhi kebutuhan akan hosting untuk website Anda, tinggal menimbang kelebihan dan kekurangan pada tiap layanan hosting tersebut.

Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published.