Penyebab Kiriman Paket Telat

  • 4 min read
  • May 08, 2020

Simak ulasan tentang √ penyebab kiriman paket yang datangnya telat atau √ bahkan tidak sampai alamat tujuan pada artikel berikut.


Di masa sekarang ini jual beli secara online sudah menjadi trend bagi masyarakat Indonesia. Bukan karena ingin gaya, namun memang penjualan secara online akan memiliki banyak keuntungan.

Kiriman Paket Telat Sampai

Kelebihan Jual Beli Online

Bagi Penjual

  • Penjual tidak harus memiliki tempat yang berupa toko fisik
  • Penjual bisa berjualan dari mana saja dan tidak terikat waktu
  • Penjual tidak harus memiliki stock barang
  • Keuntungan yang masuk akan lebih besar
  • Tidak memerlukan modal besar ketika mau berjualan
  • Target pasar akan semakin luas dan masih banyak lagi

Bagi Pembeli

  • Menghemat waktu dan tenaga, karena tidak harus datang ke toko penjual
  • Lebih praktis dan nyaman serta bisa dilakukan dimana saja.
  • Mudah melakukan perbandingan harga terhadap barang yang mau di beli
  • Toko buka 24 jam, jadi bisa transaksi kapan saja
  • Barang yang di beli akan sampai di rumah dan masih banyak kemudahan-kemudahan lainnya

Kekurangan Jual Beli Online

Bagi Penjual

  • Kalau jualan melalui marketplace sebagai pihak ketiga, uang tidak bisa langsung diterima. Menunggu barang sampai ke pembeli. Kalau jaraknya jauh, bisa sampai 1 minggu barang baru sampai ke pembeli yang secara otomatis uang juga akan di terima setelah 1 minggu.
  • Pembeli melakukan complaint terhadap barang yang diterima karena alasan barang yang dipesan tidak sesuai harapan. Kalau terjadi seperti ini uang yang berada di akun marketplace akan tertahan lebih lama lagi.

Bagi Pembeli

  • Barang yang di terima kadang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini karena pembeli hanya melihat gambar visual tanpa lihat bentuk fisiknya langsung.
  • Barang kadang tidak datang sesuai jadwal. Barang sering telat atau bahkan tidak sampai-sampai ke tujuan.

Pada kesempatan kali ini baguspedia.com akan membahas tentang kenapa paket kiriman melalui JNE, POS, Tiki, J&T telat. Bahkan ada kiriman paket yang belum sampai atau tidak sampai-sampai, padahal sudah berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Kiriman Paket Telat atau Tidak Sampai

Pengiriman Paket Telat Atau Tidak Sampai

Seperti biasa kami selalu mengingatkan disini kami hanya menjelaskan apa yang kami tahu, dan website ini bukanlah website dari jasa pengiriman barang.

Tulisan ini hanya berdasarkan pengalaman dan pengetahuan penulis saja. Sehingga segala keluhan Anda terkait keterlambatan barang sedianya langsung di tujukan kepada pihak yang bersangkutan.

Semua Ekspedisi atau jasa pengiriman biasanya selalu menuliskan estimasi atau perkiraan lamanya pengiriman di website resmi mereka. Pengiriman domestik biasanya memakan waktu 1 sampai 7 hari tergantung jarak kirim barang.

Kendati demikian selalu saja ada keterlambatan kedatangan barang atau paket yang beda jauh dari estimasi yang ditentukan. Jadi kadang ada pengiriman paket telat sampai tujuan.

Contohnya, ketika perkiraan kirim paket dari Jakarta menuju Bandung hanya butuh waktu 2 hari saja. Kenyataannya kadang sudah 5 hari, barang atau paket belum sampai juga. Tentu saja hal tersebut akan membuat penerima dan pengirim paket menjadi was-was dan cemas.

Berdasarkan yang kami tahu serta berdasarkan pengalaman dalam proses jualan online. Kami yang mempunyai toko online dan telah ribuan hingga puluhan ribu barang yang telah kami kirim ke berbagai wilayah di Indonesia.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan paket terlambat sampai bahkan tidak sampai-sampai.

Untuk saat ini setiap jasa pengiriman barang baik JNE, J&T, POS, Tiki, Wahana, Sicepat dan sejenisnya. Biasanya menyediakan layanan cek resi secara online. Sehingga kita bisa mengetahui sudah sampai mana paket kita melalui nomor resi pengiriman.

Jika terjadi keterlambatan pengiriman, biasanya terdapat keterangan kenapa barang tersebut terlambat sampai tujuan. Anda dapat melihat kode atau istilah pengiriman yang muncul. Simak ulasan tentang penyebab kiriman paket telat berikut.

Berikut Penyebab Paket Telat atau Tidak Sampai Tujuan

Penyebab Kiriman Paket Telat Sampai Ke Tujuan

Barang tidak sampai karena alamat tidak jelas.

Terkadang pengirim barang tidak menuliskan secara lengkap dimana alamat penerima barang, hal tersebut tentu saja dapat membingungkan pihak Ekspedisi sehingga barang tidak sampai.

Data penerima barang tidak lengkap

Hal lainnya yang bisa membuat kiriman kamu terlambat datang adalah data yang tidak lengkap seperti kode pos yang tidak dituliskan, nama jalan, nama gang jika masuk gang, dan sebagainya.

Data penerima barang tidak benar atau salah

Kesalahan dalam penulisan nama penerima seperti misalnya karena typo error, atau nomor handphone penerima barang yang tidak aktif dan sebagainya, juga dapat membuat barang kamu terlambat sampai.

Alamat penerima sedang tidak ada orang

Hal lain yang dapat membuat kiriman kita tidak sampai adalah tidak adanya orang di alamat rumah atau kantor tempat tujuan pengiriman paket.

Ketika kurir dari jasa pengiriman barang sudah mengirim ke tempat tujuan tapi ternyata tidak ada orang yang bisa menerima barang tersebut biasanya ada beberapa hal yang terjadi.

Paket bisa saja kemudian dititipkan oleh kurir ke tetangga, dititipkan ke ketua RT, atau bahkan dibawa lagi ke kantor oleh kurir.

Akses ke tempat tujuan tertutup atau terhambat

Ada beberapa hal yang membuat ekspedisi pengiriman barang terhambat, misalnya gangguan teknis pengiriman. Seperti pesawat pembawa barang yang pending, terjadi bencana alam sehingga jalan menuju tempat tujuan tertutup dan sebagainya.

Barang atau paket rusak

Saat barang rusak dalam perjalanan ada kalanya Ekspedisi tidak mengirimkan barang tersebut ke penerima. Namun kemudian menghubungi pengirim barang untuk memberitahu sekaligus biasanya mengganti biaya kerusakan barang.

Barang atau paket hilang

Walau hal ini jarang terjadi, namun kami pun pernah mengalami hal ini. Ketika jasa pengiriman atau ekspedisi kehilangan barang yang kita kirim.

Jika hal ini terjadi pihak ekspedisi biasanya akan melakukan ganti rugi terhadap kehilangan barang milik kita. Selain itu beberapa Ekspedisi menyediakan layanan asuransi barang, sehingga jika barang hilang kita bisa mendapatkan ganti rugi.

Barang atau paket tertukar

Karena banyaknya barang yang harus diantar, tentu bisa terjadi human error ketika proses sortir barang. Jika pun alamat yang kita tuliskan sudah benar dan lengkap, namun ada kalanya jasa pengiriman salah mengirimkan kiriman dan barang tertukar dengan alamat lain.

Jika hal ini terjadi biasanya Ekpedisi akan menukar kembali barang yang tertukar dan mengirimkannya ke alamat yang benar, sehingga tentunya akan membuat barang kiriman kita menjadi terlambat sampai.

Barang atau paket salah kirim

Hal yang menyebabkan paket salah terkirim bisa dari kita sebagai pengirim barang atau juga kesalahan yang terjadi yang dilakukan oleh pihak Ekspedisi.

Seperti misalnya jika kesalahan pengirim contohnya salah menulis nama panjang sehingga barang dikirimkan ke orang lain. Atau bisa juga terjadi karena memang kesalahan Ekspedisi. Contohnya salah rumah atau salah alamat tujuan.

Sebenarnya masih banyak hal yang dapat menyebabkan paket kiriman barang tidak sampai atau lama sampai ke tujuan. Namun yang umum terjadi adalah beberapa hal tersebut di atas.

Tapi tak perlu panik dan takut untuk menggunakan jasa pengiriman barang, karena hal-hal tersebut di atas sangat jarang sekali terjadi, setidaknya itu yang kami rasakan.

Kami telah sering mengirimkan barang dengan berbagai Ekspedisi yang berbeda-beda dan terjadi masalah saat pengiriman itu sangat minim sekali. Terlebih saat ini jasa pengiriman sudah semakin canggih jadi bisa dengan mudah diketahui kesalahannya dimana.

Selain itu jika memang terjadi kehilangan atau kerusakan maka Ekspedisi akan mengganti rugi barang kita terlebih jika kita menggunakan layanan asuransi. Semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui arti kode dan istilah dalam pengiriman barang JNE, simak dan baca istilah pengiriman di JNE.

Demikian ulasan tentang penyebab paket telat atau paket tidak sampai ke tujuan. Silahkan hubungi agen-agen terdekat jasa pengiriman atau ekspedisi yang Anda gunakan.