Penyebab Dempul Mobil Sering Retak dan Cara Memperbaikinya

  • 3 min read
  • Apr 05, 2022

Salah satu cara untuk memperbaiki body mobil lecet atau bahkan penyok adalah dengan menggunakan dempul mobil.

Cara penggunaannya adalah dengan cara mengoleskan kembali pada lapisan kerangka agar terlihat seperti baru.

Teknik seperti ini umumnya dilakukan di bengkel. Namun, Anda juga dapat melakukan dempul mobil sendiri di rumah.

Cara Memperbaiki Dempul Mobil Yang Retak

Cara Dempul Mobil Sendiri

Bagi Anda yang ingin melakukan dempul mobil sendiri di rumah, tentunya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Seperti masker, sarung tangan dan tentu saja jenis dempul yang akan digunakan.

Tidak lupa Anda juga perlu mempersiapkan kertas amplas besi halus, lap microfiber, cat dasar dan juga thinner  untuk mencairkan zat perekat serta pewarna yang digunakan.

Adapun langkah untuk melakukan proses dempul mobil sendiri yaitu :

1. Pencampuran Dempul

Pertama-tama campurkan dempul, kali ini Anda perlu menunggu sekitar 25 menit, sebelum bahan dapat digunakan.

Adapun proses pencampuran dempul sendiri dapat dilakukan di wadah atau juga tatakan dengan dasar rata. Kali ini campurkan dempul dengan pengeras, hingga warnanya berubah jadi kuning atau hijau.

2. Membersihkan Permukaan Mobil

Sebelum proses pendempulan dilakukan sebaiknya bersihkan permukaan mobil, pastikan permukaan mobil bersih dari berbagai macam kotoran dan juga karat.

Anda dapat membersihkan berbagai macam kotoran tersebut dengan menggunakan kertas amplas halus. Tidak hanya kotoran, namun karat juga dapat dibersihkan menggunakan bahan tersebut.

Jika terdapat penyok pada salah satu bagian body, maka Anda perlu mengangkatnya terlebih dahulu dengan menggunakan dolly atau hammer, sebelum nantinya dibersihkan secara merata.

3. Aplikasi Dempul Mobil dan Keringkan

Sebelum dempul mobil tersebut Anda aplikasikan, campur terlebih dahulu dengan cat basic dan juga thinner, dengan perbandingan 1 : 1. Setelah tercampur rata baru proses pengecatan dapat Anda lakukan.

TRENDING:  Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Online

Kemudian dilanjutkan dengan mengoleskan dempul pada bagian yang penyok atau keropos. Oleskan secara tipis dan merata, lakukan hal tersebut secara perlahan.

Berikutnya tunggu dempul tersebut hingga benar-benar kering. Jika sudah, ratakan kembali dengan menggunakan kertas amplas, agar hasilnya seperti yang Anda inginkan.   

Penyebab Dempul Mobil Retak

Meski sudah menggunakan dempul, ada kalanya dempul mobil yang Anda pasang kembali retak.

Ada beberapa pemicu, kenapa hal seperti ini bisa terjadi, antara lain:

1. Kualitas Dempul yang Digunakan

Apabila bahan dempul yang Anda gunakan berkualitas, maka hasilnya akan terlihat kuat, dan juga terlihat lebih ringan ketika diketuk. Tapi jika Anda menggunakan dempul yang kualitasnya kurang baik, maka hasil dempul juga tidak akan memuaskan. 

2. Faktor Cuaca

Selain tentang kualitas dempul, ada kalanya faktor cuaca juga jadi penyebab, kenapa dempul mobil mudah retak. Hal ini terjadi ketika mobil terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Sinar matahari dengan intensitas tinggi, dapat membuat dempul yang digunakan terkelupas. Jika hal ini terus dibiarkan, maka dempul akan retak.

Jadi untuk mengatasinya, sebaiknya parkir mobil Anda di tempat yang sejuk, atau Anda juga dapat memberikan cover pada mobil, ketika parkir pada ruang terbuka.  

3. Sumber Daya Manusia

Faktor sumber daya manusia juga dapat membuat dempul jadi retak. Yang dimaksud dalam hal ini adalah ketika proses pembersihan dilakukan secara tidak bersih, ini yang membuat dempul jadi mudah retak dan terkelupas.

Cara Memperbaiki Mobil Lecet untuk Menghilangkan Goresan atau Baret

Sebenarnya selain menggunakan dempul mobil, ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki mobil lecet sendiri dirumah, antara lain :

1. Menggunakan Kompon Putih

Cara memperbaiki mobil lecet atau terkena goresan adalah dengan menggunakan kompon putih atau krim. Di mana bahan yang satu ini, mempunyai daya kikis yang cukup baik.

TRENDING:  Syarat Pengambilan Kartu BPJS Kesehatan

2. Menggunakan Scratch Remover

Cara yang kedua adalah menggunakan scratch remover, bahan yang satu ini mudah Anda temukan di toko aksesori. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda perlu mengaplikasikan bahan tersebut setidaknya hingga 5 kali.

3. Menggunakan Minyak Rem

Adapun alternatif lain ketika mobil lecet atau tergores adalah menggunakan minyak rem. Mengingat sifatnya yang keras, maka Anda perlu berhati-hati ketika menggunakannya.

Dari ulasan di atas, tentunya dapat disimpulkan bahwa untuk memperbaiki mobil yang tergores ringan, ternyata tidak terlalu sulit. Selain dapat menggunakan dempul mobil, sebenarnya ada cara juga lain yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah secara mudah.

Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published.