Jenis-Jenis Asuransi Jiwa di Indonesia

  • 3 min read
  • Jul 27, 2022

Seperti yang diketahui bahwasanya kehidupan ini penuh dengan misteri, kita tak tahu ada apa di hari kemudian atau esoknya lagi. Dimana milyaran orang di dunia, tak akan pernah tau kapan ia sakit, jatuh, celaka bahkan hingga meninggal dunia.

Apabila Anda berpikir tentang hal tersebut, bahwasanya mempunyai asuransi jiwa terbaik khususnya di Indonesia sangatlah penting. Apalagi Anda sebagai seorang bapak yang artinya kepala keluarga dari istri serta anak-anak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera memiliki asuransi jiwa terbaik di Indonesia.

Asuransi jiwa ialah sebuah tempat asuransi yang digunakan masyarakat untuk sebagai perlindungan serta kenyamanan pada saat terjadi sesuatu secara finansial.

Kejadian itu seperti ketika mengalami resiko-resiko hidup seperti halnya yang telah dibahas sebelumnya. Asuransi jiwa dapat Anda gunakan untuk menghadapi hari tua yang sejahtera nan bahagia bersama keluarga.

Jenis Asuransi Jiwa Di Indonesia

Nah, dengan banyaknya asuransi yang ada diluar sana, Anda harus memahami jenis-jenis produk asuransi jiwa dari perusahan-perusahaan. Sehingga Anda akan mudah paham juga yakin.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa di Indonesia

Berikut ulasan mengenai jenis-jenis asuransi jiwa terbaik di Indonesia.

1. Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Jenis asuransi jiwa pertama adalah asuransi jiwa seumur hidup atau biasa dikenal dengan whole life insurance. Jenis asuransi ini akan memberikan Anda sebagai pemegang polis atas pertanggungan seumur hidup, hanya saja ada batasan yaitu sampai 100 tahun.

Adapun keuntungan yang akan Anda rasakan dengan jenis asuransi jiwa ini yaitu:

  • Mendapatkan kesempatan atas uang pertanggungan, soalnya umur manusia saat ini tidak banyak yang sampai 100 tahun
  • Premi asuransinya yang tidak akan hilang
  • Permbayaran preminya dapat dilakukan secara tahunan, bulanan ataupun kuartal.
TRENDING:  Cara Pindah Alamat BPJS Kesehatan

Seperti contohnya pada asuransi kesehatan terbaik dari AXA Mandiri yang merupakan perusahaan asuransi dengan memberikan layanan asuransi seperti, asuransi kesehatan, dana pensiunan dan asuransi jiwa.

Bahkan asuransi jiwa dari AXA Mandiri memiliki beberapa kelibihan diantaranya produk yang ditawarkan dan diberikan sangat kredibel. Hal ini dikarenakan AXA Mandiri adalah perusahan yang terkenal serta terpercaya juga berpengalaman.

Kemudian premi yang cukup lengkap serta produk asuransi yang bervariasi dan dapat dipilih oleh para nasabah.

2. Asuransi Jiwa Berjangka

Jenis asuransi jiwa selanjutnya ialah asuransi jiwa berjangka (term life insurance). Asuransi jiwa berjangka adalah jenis asuransi dengan memberikan perlindungan pada pemegang polis dengan kurun waktu yang ditentukan.

Asuransi jiwa jenis ini mempunyai uang pertanggungan yang terbilang sangat besar bahkan jumlahnya saja bisa sampai milyaran. Namun, periode pertanggungan asuransi jiwa jenis berjangka ini memiliki pilihan waktu yang cukup lama seperti 10 tahun, 20 tahun, 25 tahun, dan seterusnya.

Jangka waktu yang ditetapkan tersebut tentunya sudah sesuai dengan penawaran dari perusahaan-perusahaan asuransi terkait. Adapun keunggulan dari jenis asuransi jiwa yang satu ini diantaranya:

  • Premi yang ditawarkan terjangkau, soalnya menyesuaikan kebutuhan serta kemampuan dari nasabah.
  • Pembayaran premi yang dapat dilakukan secara kuartal, tahunan, bulanan dan lain sebagainya.

Jenis asuransi jiwa yang ketiga dan paling popular dikalangan masyarakat adalah asuransi jiwa unit link. Mengapa popular? Soalnya asuransi jiwa unit link ini sering kali ditawarkan oleh agensi-agensi asuransi di setiap perusahaan. Walaupun begitu, perlu Anda ketahui juga fungsi dari asuransi ini ialah bisa sebagai investasi juga perlindungan.

Keunggulan dari asuransi jiwa jenis ini adalah Anda jadi bisa memiliki investasi sekaligus mendapatkan perlindungan. Bahkan, manajer investasi sendiri yang akan bertindak sebagai pihak asuransi.

TRENDING:  Biaya Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Lalu, waktu perlindungan dari jenis asuransi jiwa unit link ini terbilang santa panjang yakni 70 tahun, 75 tahun, 85 tahun sampai 100 tahun hal ini tergantung dan sesuai dari ketentuan dari penyedia asuransi.

Keuntungan lainnya adalah Anda sebagai pemegang polis akan dapat memilih instrument apa yang tepat untuk investasi serta sesuai dengan rencana finansial Anda. Ditambah juga asuransi dari unit link ini tidak ada system hangus.

4. Asuransi Dwiguna

Jenis asuransi terakhir adalah asuransi jiwa dwiguna (endowment insurance). Asuransi Dwiguna ini merupakan asuransi jiwa yang memiliki dua kegunaan sekaligus yaitu bisa sebagai tabungan juga asuransi jiwa berjangka.

Umumnya produk dari jenis asuransi ini ialah dana hari tua, asuransi pendidikan dan asuransi-asuransi lainnya. Asuransi ini juga mulai dininati oleh masyarakat hingga saat ini.

Keunggulan dari Anda memiliki jenis asuransi jiwa ini adalah mendapatkan uang pertanggungan apabila meninggal juga mendapatkan kontrak berjalan, mempuyai tabungan yang bisa ditarik sewaktu-waktu Anda kepepet, tidak adanya system hangus.

Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published.