Cara Pindah Alamat BPJS Kesehatan

Simak ulasan tentang √ cara pindah alamat BPJS kesehatan dan √ cara melakukan perubahan data alamat BPJS kesehatan berikut.


Sebagai peserta BPJS Kesehatan, sudah seharusnya memahami peraturan yang berlaku, termasuk tentang cara pindah alamat BPJS Kesehatan.

erlu diketahui, bahwa untuk menggunakan pelayanan BPJS Kesehatan, salah satu syaratnya adalah data yang ada pada kartu BPJS itu harus sama dengan data yang tertera pada KTP.

Cara Pindah Alamat BPJS Kesehatan

Oleh sebab itu, jika pindah alamat hingga membuat Anda juga harus mengubah data alamat yang ada di KTP maka Anda juga harus segera mengubah data alamat yang ada di kartu BPJS.

Bila tidak segera diubah, maka kemungkinan besar pihak faskes (fasilitas kesehatan) yang Anda kunjungi tersebut akan menolak keinginan Anda untuk menggunakan layanan BPJS Kesehatan.

Panduan-Cara-Pindah-Alamat-BPJS-Kesehatan

Bagaimana jika belum sempat mengubah data kartu BPJS, namun tetap ingin menggunakan layanan BPJS Kesehatan di faskes yang dekat dengan alamat tempat tinggal saat ini?

Sebenarnya, kartu BPJS Kesehatan Anda yang lama masih bisa digunakan. Hanya saja agar bisa diterima oleh faskes di alamat yang sesuai dengan KTP Anda yang baru itu, Anda harus membawa surat pengantar berkunjung ke faskes yang akan Anda tuju.

Lebih repot memang, sebab untuk mendapatkan surat pengantar itu, Anda harus ke kantor BPJS setempat terlebih dahulu dengan membawa surat keterangan domisili yang berasal dari RT/RW tempat tinggal Anda yang baru.

Persyaratan Melakukan Perubahan Data BPJS Kesehatan

Jika Anda tidak ingin repot, maka sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan BPJS Kesehatan, pastikan terlebih dahulu bahwa jauh-jauh hari sebelumnya Anda sudah melakukan perubahan data kartu BPJS Kesehatan.

Lalu, pertanyaan baru muncul yaitu, apa saja persyaratan cara pindah alamat BPJS Kesehatan?

Syarat-syarat yang diperlukan untuk melakukan perubahan data BPJS Kesehatan sebenarnya tidak terlalu banyak dan terbilang cukup sederhana, yaitu :

  • Kartu BPJS yang lama (Asli)
  • Kartu Keluarga yang data alamatnya sudah diubah ke alamat Anda yang baru (Asli dan fotocopy)
  • KTP yang data alamatnya sudah diubah ke alamat Anda yang baru (Asli dan fotocopy)
  • Surat pengantar keterangan domisili dari RT/RW setempat
  • Formulir Perubahan Data Peserta (FPDP) yang sudah terisi
  • Tidak memiliki tunggakan biaya BPJS

Panduan Cara Pindah Alamat BPJS Kesehatan Langsung Datang Ke Kantor BPJS

Setelah semua syarat sudah Anda siapkan, maka segera pergi ke kantor BPJS setempat untuk mengurus perubahan data. Khususnya perubahan alamat kartu BPJS.

Agar proses untuk mengubah data pada kartu BPJS lebih cepat dan lancar, maka pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah mengunduh formulir perubahan data peserta (FPDP).

Kemudian isi seluruh kolom kosong yang ada di formulir tersebut. Untuk mengunduh FPDP itu Anda bisa mencarinya di internet.

Proses cara pindah alamat BPJS Kesehatan berikutnya, Anda tinggal bilang ke petugas BPJS. Berikan informasi bahwa Anda ingin melakukan perubahan data pada kartu BPJS.

Hal ini agar alamat di kartu BPJS sama dengan alamat yang ada di KTP Anda saat ini. Sambil Anda serahkan semua berkas persyaratan yang diperlukan.

Sekadar saran, jika Anda ingin melakukan perubahan data kartu BPJS ke kantor BPJS. Usahakan sebaiknya Anda berangkat lebih pagi, agar bisa mendapatkan nomor antrian yang lebih awal.

Sebab biasanya kantor BPJS itu selalu ramai dengan warga yang ingin melakukan pendaftaran menjadi peserta BPJS dan berbagai urusan lainnya.

Jika Anda mendapatkan nomor antrian lebih awal, tentunya proses perubahan data kartu BPJS itu akan lebih cepat selesai.

Selain itu, karena perubahan data tersebut akan membuat Anda juga harus sekaligus pindah faskes (fasilitas Kesehatan).

Maka sebaiknya, sebelum ke kantor BPJS, Anda sudah tahu akan pindah ke faskes baru yang mana.

Pastikan bahwa faskes baru yang Anda pilih itu merupakan faskes yang dapat memberikan layanan terbaik dan tentunya dekat dengan tempat tinggal Anda yang baru.

Panduan Cara Pindah Alamat BPJS Kesehatan Secara Online

Cara pindah alamat BPJS Kesehatan secara online memang belum tersedia di situs resmi BPJS. Namun untuk saat ini Anda sudah bisa melakukan penggantian faskes secara online.

Penggantian alamat secara online ini akan terasa lebih praktis. Karena Anda tidak perlu antri terlalu lama di kantor BPJS jika ingin mengganti faskes.

Simak langkah-langkah melakukan perubahan data BPJS Kesehatan secara online berikut.

Langkah-langkah perubahan data BPJS secara online

1. Cari aplikasi JKN di Google Play Store atau AppStore

2. Download dan install aplikasi tersebut

3. Daftarkan diri Anda untuk membuat akun di aplikasi JKN, yang berisi:

  • No Kartu BPJS
  • No KTP
  • Tanggal Lahir
  • Nama Ibu Kandung
  • Email
  • Password
  • No Handphone

4. Setelah terdaftar, lakukan login dengan memasukkan alamat email yang tadi sudah didaftarkan atau dengan menggunakan nomor kartu BPJS

5. Setelah login, Anda akan menemukan daftar menu dan salah satunya adalah “Ubah Data Peserta”

6. Selanjutnya, Anda bisa langsung mengubah datanya, saat ini masih hanya ada 4 bagian yang bisa diubah, yaitu:

  • No Handphone
  • Email
  • Kelas BPJS
  • Faskes 1

7. Jika Anda ingin mengganti faskes, maka Anda hanya perlu mengklik “Faskes 1”

8. Selanjutnya Anda akan melihat pop up muncul di layar dengan keterangan provinsi, kabupaten dan faskes yang akan Anda pilih.

Silahkan pilih sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda sudah selesai memilih, lalu klik tombol simpan.

9. Selanjutnya, Anda akan segera mendapatkan kode verifikasi. Kode tersebut akan dikirim ke alamat email atau nomor handphone Anda.

10. Masukkan kode verifikasi pada kolom kosong yang tersedia, kemudian klik “tombol verifikasi”

11. Jika proses verifikasi selesai, maka akan muncul notifikasi.

Notifikasi ini berupa konfirmasi bahwa telah terjadi pergantian faskes tingkat 1 lengkap dengan waktu mulai berlakunya pergantian faskes tersebut.

Untuk diketahui, faskes yang baru itu akan aktif satu bulan berikutnya. Jadi, jika Anda ingin menggunakan layanan BPJS Kesehatan sebelum faskes yang baru aktif, Anda masih tetap bisa menggunakan faskes yang lama.

Itulah panduan cara pindah alamat BPJS Kesehatan lengkap dengan persyaratan yang diperlukan. Meskipun terkesan ribet dan agak sedikit merepotkan, karena membuat Anda harus terpaksa jauh-jauh pergi ke kantor BPJS.

Anda juga harus sabar menunggu antrian hanya untuk melakukan prosedur perubahan data kartu BPJS, namun tentunya BPJS Kesehatan memiliki tujuan yang baik, agar seluruh data peserta BPJS rapi dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Semoga, layanan online yang terkait dengan data peserta BPJS di tahun-tahun berikutnya bisa semakin canggih. Sehingga peserta BPJS tidak harus repot lagi mendatangi kantor BPJS setempat jika ingin melakukan perubahan data.

Simak dan baca juga : Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online

Demikian informasi panduan cara pindah alamat BPJS kesehatan secara online. Semuanya sudah bisa dilakukan secara online yang dapat dikerjakan dari rumah. Seperti kita ketahui bersama, bahwa di jaman modern ini, kepraktisan sangatlah diperlukan. Sehingga akan lebih baik jika pihak BPJS benar-benar memperhatikan kualitas layanan online yang diharapkan dapat semakin memudahkan peserta BPJS.