Fitriyanto ✔ Seorang bocah dari desa yang gemar menjadi pembelajar ✔ suka dengan Komputer dan ✔ Menulis Blog.

Cara Merekam Layar di Android

Saat ini, merekam layar di Android sepertinya sudah menjadi hal yang umum. Terlebih bagi Anda yang memang berkecimpung di dunia yang memerlukan aktivitas recording layar Android seperti YouTuber konten gaming.

Untuk merekam layar di Android sendiri, kita bisa menggunakan beberapa cara. Pada HP yang sudah memiliki fitur recording bawaan HP, mungkin tidak perlu menggunakan aplikasi. Sebaliknya, jika HP belum memiliki fitur recording, maka harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Nah, bagi Anda yang ingin merekam layar Android namun belum tahu caranya, tenang saja. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara record Android tanpa memerlukan akses root sama sekali, jadi bisa digunakan untuk semua Android.

Cara Merekam Layar Android Tanpa Aplikasi

Saat ini, fitur recording sudah disematkan pada sebagian besar Android terbaru. Hal ini berlaku pada semua merk HP ya, baik itu Samsung, Lenovo, Xiaomi, Asus, Redmi, Realme, Vivo, Oppo, dan merk HP lainnya.

Untuk mengetahui apakah HP Android sudah memiliki aplikasi perekam layar bawaan, mungkin caranya berbeda ya setiap merk HP. Seperti contoh untuk HP Samsung J7 Pro, mungkin akan berbeda dengan HP Xiaomi ataupun Realme.

Dalam contoh ini, saya menggunakan Samsung J7 Pro. Untuk HP lain, bisa coba cari fitur tersebut di pengaturan ataupun list aplikasi di menu Android.

Berikut adalah cara merekam Android tanpa aplikasi:

  1. Pertama, silahkan cari fitur yang digunakan untuk merekam layar Android.
  2. Pada HP J7 Pro, fitur tersebut terletak di bagian notification panel (tarik status bar sampai muncul beberapa opsi).
  3. Untuk merekam layar di HP Samsung, langsung saja klik icon Rekam layar maka secara otomatis Android akan merekam aktivitas layar Anda.cara-merekam-layar-android
  4. Silahkan lakukan perekaman sesuai keinginan Anda. Jika sudah, silahkan klik icon stop yang berada di pojok kanan atas untuk menghentikan proses perekaman layar.
  5. Setelah itu, video akan tersimpan di galeri secara otomatis.
  6. Selesai.

Fitur bawaan ini sebenarnya sudah cukup bagus karena kualitasnya juga HD. Oh ya, bagi pengguna HP selain Samsung, mungkin bisa menyesuaikan saja ya karena kemungkinan caranya tidak sama.

Cara Merekam Layar Android dengan Aplikasi

Bagi HP yang belum memiliki fitur recording bawaan, maka cara yang harus dilakukan adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tapi tenang, saat ini, sudah banyak kok aplikasi perekam layar Android yang tersedia di Google Play Store.

Seperti judul artikel ini, saya hanya akan memaparkan aplikasi yang bisa digunakan tanpa root saja agar semua pengguna Android bisa menggunakan cara ini.

Berikut adalah beberapa aplikasi perekam layar Android:

1. AZ Screen Recorder

cara-merekam-layar-android-tanpa-root

Saat pertama menggunakan aplikasi perekam layar di Android, yang saya gunakan adalah AZ Screen Recorder. Untuk itu, saya memang sengaja menempatkan aplikasi ini pada urutan pertama.

Bukan tanpa alasan, dulu saya memilih AZ Screen Recorder karena bisa digunakan tanpa root, kebetulan saat itu HP saya juga masih unroot. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan secara gratis tanpa ada watermark sama sekali. Bahkan, Anda bisa menambahkan teks dan logo milik sendiri.

Kalau soal kualitas video, aplikasi ini menyesuaikan hardware yang ditanamkan ke HP. Jadi, ketika HP Anda sudah support HD, maka aplikasi ini juga akan mengubah pengaturannya menjadi HD. Tapi ada juga opsi untuk memilih kualitas video, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain versi gratis, AZ Screen Recorder juga tersedia dalam versi pro. Dengan bersi pro, Anda akan mendapatkan fitur tambahan seperti tombol ajaib, coutdown timer, dan aplikasi juga bebas iklan.

Download AZ Screen Recorder

2. Mobizen Screen Recorder

cara-merekam-layar-di-android-tanpa-root

Aplikasi selanjutnya adalah Mobizen Screen Recorder, aplikasi yang sering digunakan untuk merekam layar ketika bermain game. Pasalnya, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk menampilkan wajah pengguna melalui Facecam.

Nah, bagi Anda yang gemar merekam layar Android sambil menampilkan wajar, maka aplikasi ini sangat cocok untuk dicoba. Terkait kualitas, Anda tidak perlu khawatir lagi karena Mobizen Screen Recorder sudah memiliki output video HD.

Selain merekam layar, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk melakukan editing. Jadi, setelah merecord video, Anda tidak perlu keluar aplikasi lagi, cukup gunakan fitur yang sudah disediakan untuk mengedit video tersebut.

Download Mobizen Screen Recorder

3. Super Screen Recorder

cara-merekam-layar-di-android-hd

Jika Anda memerlukan waktu lama untuk merekam layar Android, maka Super Screen Recorder adalah pilihan yang sangat tepat. Pasalnya, aplikasi ini tidak memberikan batasan waktu dalam merekam layar, dengan catatan penyimpanan Anda juga masih tersisa.

Selain fitur keren di atas, Anda juga akan disuguhkan dengan tampilan yang sangat keren sehingga akan membuat Anda nyaman ketika menggunakannya. Oh ya, jangan khawatir kesulitan ketika menggunakan Super Screen Recorder karena fitur yang disediakan sangat mudah dipahami.

Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya yang memiliki fitur edit secara langsung. Aplikasi ini juga menyediakan fitur edit video untuk mendukung aktivitas Anda agar lebih mudah.

Download Super Screen Recorder

Itulah beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk merekam layar di Android. Sebenarnya, masih ada banyak aplikasi lainnya. Namun aplikasi di atas adalah yang paling banyak digunakan dan mendapat rating tinggi dari penggunanya.

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memberikan sedikit gambaran kepada Anda terkait cara merekam layar di Android.

Fitriyanto ✔ Seorang bocah dari desa yang gemar menjadi pembelajar ✔ suka dengan Komputer dan ✔ Menulis Blog.

YoWhatsApp

Edy
5 min read

GBWhatsApp

Edy
4 min read

WhatsApp MOD

Fitriyanto
10 min read