Fitriyanto ✔ Seorang bocah dari desa yang gemar menjadi pembelajar ✔ suka dengan Komputer dan ✔ Menulis Blog.

Cara Merawat Laptop Agar Awet

Sebagai pengguna laptop yang bijak, merawat laptop adalah hal yang harus dilakukan secara berkala. Pasalnya, ketika laptop tersebut rusak, biaya untuk memperbaikinya juga tidak sedikit, bahkan jika rusak total malah harus beli baru.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu cara merawat laptop dengan benar. Merawat disini bukan hanya melakukan perawatan fisik ya, hal-hal yang berkaitan dengan hardware dan software laptop juga harus dirawat.

Cara Merawat Laptop Agar Awet

Selain itu, ada juga pengguna laptop yang tidak pernah melakukan perawatan laptop. Pengguna tersebut hanya tahu menggunakan saja, tidak pernah terbesit dalam pikirannya untuk merawat laptop agar awet.

Nah, bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara merawat laptop dengan benar, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan caranya. Silahkan simak sampai akhir agar Anda tahu apa yang harus dilakukan pada laptop.

Tips Merawat Laptop

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk merawat laptop agar awet dan tidak cepat rusak:

1. Seimbangkan Penggunaan Software

cara merawat laptop

Sebagai pengguna laptop, kita bisa menginstall software dan game apa saja. Namun, kita juga harus menyeimbangkan antara spesifikasi laptop dengan program yang dijalankan. Usahakan jangan sampai jomplang atau berat sebelah.

Ketika spesifikasi laptop Anda masih standar, sebaiknya jangan install program yang berat-berat karena bisa menyebabkan laptop hang. Selain itu, bisa juga terjadi masalah yang lebih parah lagi seperti laptop blue screen.

2. Jangan Download Sembarangan

cara agar laptop tidak cepat rusak

Mendownload sesuatu di internet adalah kegiatan yang sangat mudah dilakukan, saya yakin hampir semua pengguna laptop pasti bisa. Namun, Anda juga tetap harus berhati-hati ketika melakukan aktivitas download, jangan sampai Anda terjebak virus internet.

Perlu diketahui, saat ini penyebaran virus dilakukan melalui berbagai hal, salah satunya dari internet. Yang paling sering terjadi, virus tersebut diletakkan pada sebuah software yang apabila Anda install, maka laptop Anda akan terkena virus.

Oleh karena itu, selalu berhati-hati ketika hendak download di internet, terutama ketika download sebuah aplikasi. Saya sarankan download di website yang benar-benar terpercaya saja, jangan download di website yang meragukan.

3. Scan Virus Secara Berkala

cara merawat laptop dengan benar

Masih berkaitan dengan poin nomor 2, yaitu virus. Sampai kapan pun, virus akan tetap menjadi musuh besar bagi laptop. Bagaimana tidak, virus sering menyebabkan sebuah masalah pada laptop, baik itu masalah kecil seperti laptop lemot ataupun masalah yang cukup serius seperti laptop gagal masuk Windows.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, silahkan lakukan scan laptop menggunakan antivirus secara berkala. Dengan melakukan aktivitas ini, maka Anda akan lebih cepat tahu ketika terdapat virus laptop sehingga bisa segera diatasi sebelum semakin menyebar luas.

Untuk antivirusnya, Anda bisa menggunakan yang gratis ataupun yang berbayar. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, maka gunakan antivirus yang berbayar. Namun, jika Anda ingin tetap menggunakan yang gratis, Anda bisa memilih antivirus yang populer seperti Kaspersky, Avast, ataupun yang lainnya.

Baca juga : Cara Cek RAM Laptop

4. Bersihkan Laptop Secara Rutin

cara merawat laptop yang benar

Membersihkan laptop adalah hal yang sangat mudah dilakukan namun sering dilupakan. Padahal, langkah ini memiliki peran yang cukup penting dalam melakukan perawatan laptop.

Ada beberapa bagian laptop yang penting untuk dibersihkan, berikut diantaranya:

Body Laptop

Untuk membersihkan body laptop, Anda bisa menggunakan busa ataupun kain bebas serat. Silahkan bersihkan bagian-bagian yang sekiranya sudah kotor secara halus. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi goresan pada body.

Jika dirasa masih kotor, Anda bisa menggunakan deterjen pencuci pakaian. Silahkan larutkan deterjen pada air sampai merata. Kemudian celupkan busa pada cairan tersebut. Jangan langsung digunakan untuk mengelap, silahkan peras terlebih dahulu sampai tidak ada cairan sedikitpun, setelah itu barulah diguanakan untuk mengelap body.

Layar Laptop

Untuk membersihkan layar laptop, Anda tidak boleh sembarangan. Layar laptop sangat sensitif terhadap cairan, jadi berhati-hatilah ketika menggunakan cairan pembersih.

Sekadar saran, silahkan gunakan cairan dari campuran cuka dan air suling dengan takaran yang sama persis. Setelah itu, lap dengan kain microfiber yang telah diberi cairan tadi.

Keyboard

Keyboard adalah bagian laptop yang paling dominan tersentuh tangan. Oleh karena itu, tak jarang bagian keyboard sering terdapat kotoran yang berasal dari tangan kita.

Untuk membersihkan bagian luar keyboard, Anda bisa menggunakan penghapus karet ataupun cotton bud. Sedangkan untuk membersihkan bagian dalam keyboard, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner portabel.

Bagian Dalam

Untuk membersihkan bagian dalam laptop, maka Anda harus membongkar total laptop tersebut. Jika Anda tidak bisa, silahkan langsung serahkan pada ahlinya saja yaitu teknisi laptop.

Baca juga : Cara Kalibrasi Bateria Laptop

5. Jangan Gunakan di Atas Kasur

Menggunakan laptop di atas kasur adalah cara penggunaan yang sangat tidak direkomendasikan. Sebab, proses pendinginan laptop sudah pasti terhambat karena bagian laptop akan masuk ke dalam kasur.

Ketika proses pendinginan terhambat, maka hal yang sangat mungkin terjadi adalah laptop akan panas. Setelah laptop panas, kemudian akan muncul beberapa masalah laptop seperti contohnya laptop mati sendiri.

Bagi yang masih sering menggunakan laptop di atas kasur, hentikan kebiasaan tersebut mulai sekarang. Silahkan gunakan laptop pada bidang datar seperti meja ataupun bidang lainnya, yang penting datar.

6. Perhatikan Suhu Laptop

Ketika menggunakan laptop, usahakan suhu laptop selalu dingin, atau minimal tidak terlalu panas. Karena jika suhu laptop panas, maka akan terjadi masalah seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya yaitu laptop mati sendiri.

Untuk menjaga agar suhu laptop tetap dingin, Anda bisa menambahkan kipas eksternal agar pendinginan semakin optimal. Selain itu, Anda juga harus memastikan kalau pasta processor masih layak pakai, jika sudah kering silahkan langsung ganti.

7. Jauhkan dari Minuman

tips merawat laptop

Hampir semua barang elektronik akan mengalami kerusakan saat terkena air, tak terkecuali dengan laptop. Penyebab yang sering terjadi terkait laptop ketumpahan air adalah pengguna yang meletakkan minuman di sebelah laptop.

Oleh karena itu, usahakan jangan letakkan apapun yang memiliki risiko tumpah di sebelah laptop. Kalau memang perlu tempat minum, silahkan buatkan tempat tersendiri yang memiliki jarak yang tidak terlalu berdekatan dengan laptop.

8. Gunakan Sesuai kebutuhan

cara melakukan perawatan laptop

Laptop adalah perangkat yang tidak sama dengan komputer. Memang benar kalau komputer bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada laptop. Laptop adalah perangkat yang kurang cocok jika digunakan dalam jangka waktu lama, bahkan sampai berhari-hari non stop.

Oleh karena itu, silahkan gunakan laptop sesuai kebutuhan. Jika laptop sudah tidak dipakai, alangkah baiknya langsung matikan laptop tersebut. Selain untuk menghemat baterai, hal kecil ini juga termasuk langkah merawat laptop.

9. Jangan Menaruh Barang di Atas Laptop

Dengan alasan apapun, jangan pernah menaruh barang di atas laptop karena bisa menyebabkan kerusakan. Ketika Anda meletakkan barang berat di atas laptop, maka kemungkinan buruk yang akan terjadi adalah terdapat komponen laptop yang pecah.

Pokoknya, selalu jauhkan benda berat apapun dari laptop karena dikhawatirkan benda tersebut jatuh dan mengenai laptop.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Bluetoth di Laptop

Nah, itulah beberapa cara merawat laptop agar awet dan tidak cepat rusak. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua dalam hal mewarat laptop.

Fitriyanto ✔ Seorang bocah dari desa yang gemar menjadi pembelajar ✔ suka dengan Komputer dan ✔ Menulis Blog.