Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

  • 4 min read
  • May 22, 2020

Laptop mati sendiri adalah masalah yang sangat menjengkelkan. Bagaimana tidak, saat kita sedang melaksanakan aktivitas penting seperti mengerjakan tugas, kemungkinan besar tugas tersebut akan hilang begitu saja karena belum sempat disimpan.

Selain itu, laptop mati sendiri juga sering terjadi saat kita main game. Kita semua pasti sepakat kalau menjalankan game adalah pekerjaan berat bagi laptop. Sehingga, saat komponen pada laptop sudah tidak kuat lagi, maka laptop tersebut akan mati sendiri.

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Perlu diketahui, penyebab laptop mati sendiri itu ada berbagai macam, begitu pula untuk cara mengatasinya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas tentang penyebab dan cara mengatasi laptop yang sering mati sendiri.

Penyebab Laptop Mati Sendiri

Sebelum menuju cara penyelesaian sebuah masalah, kurang lengkap rasanya jika tidak mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Toh, dengan mengetahui penyebab suatu permasalahan, kita jadi lebih mudah dalam menyelesaikannya.

Untuk penyebab laptop mati sendiri ada bermacam-macam ya, seperti yang sudah saya singgung sebelumnya. Umumnya, laptop mati sendiri dikarenakan serangan dari virus ataupun overheat. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan berikut.

1. Laptop Panas

Suhu panas pada laptop sebenarnya adalahsuatu  hal yang wajar saja. Namun, jika suhunya sudah melebihi batas, biasanya akan timbul beberapa masalah seperti laptop lemot atau bahkan laptop mati sendiri.

Suhu panas pada laptop itu juga tidak muncul begitu saja, melainkan ada penyebabnya ya. Biasanya, penggunaan berlebihan yang sering menjadi penyebab laptop cepat panas. Selain itu, menjalankan program berat juga berpotensi menyebabkan laptop panas.

Nah, setelah laptop panas, maka komponen penting seperti processor akan menurun kinerjanya. Sudah sangat banyak kejadian laptop yang mati sendiri disebabkan oleh processor yang overheat atau panas yang berlebihan.

2. RAM Bermasalah

RAM adalah sebuah hardware yang memiliki peran penting dalam kinerja laptop. Semakin besar ukuran RAM, biasanya kinerja laptop akan semakin baik. Namun, RAM juga tidak selalu bekerja dengan baik, terkadang juga sering mengalami masalah juga.

Perlu diketahui sebelumnya, RAM memiliki fungsi untuk menyimpan data secara sementara. Jadi, ketika Anda membuka aplikasi seperti Google Chrome, data aplikasi tersebut akan disimpan pada RAM untuk sementara waktu.

Nah, ketika RAM sudah bermasalah, maka kinerja laptop juga akan terganggu. RAM yang penuh juga demikian, akan menyebabkan kinerja laptop terganggu. Yang sering terjadi karena masalah ini adalah not responding, setelah itu laptop akan mati dengan sendirinya.

Baca juga : Cara Cek RAM Laptop

3. Baterai Laptop Habis

Terkadang, kita sering lupa kalau ternyata kita memiliki kewajiban untuk mencolokkan laptop ke listrik ketika daya sudah mau habis. Nah, hal sepele seperti ini juga wajib masuk ke daftar penyebab laptop mati sendiri.

Selain itu, beberapa laptop memang harus selalu terhubung ke listrik karena suatu alasan seperti baterainya sudah tidak kuat ngangkat. Nah, ketika charger dilepas, maka sudah pasti laptop akan mati.

Untuk itu, Anda memang harus memahami karakteristrik laptop masing-masing. Dengan begitu, Anda jadi tahu kapan waktu yang tepat untuk menghubungkan laptop ke listrik.

Baca juga : Cara Kalibrasi Baterai Laptop

4. Processor Panas

“Kalau dilihat, ini hampir mirip dengan poin pertama ya?” Sebenarnya tidak kok, pada poin pertama saya menjelaskan kalau laptop panas disebabkan karena penggunaa yang berlebihan.

Untuk poin ini, ada kemungkinan penyebab processor panas karena pasta processor sudah kering. Bagi yang belum tahu, jadi diantara processor dan pendingin laptop itu terdapat sebuah pasta yang digunakan untuk mengoptimalkan proses pendinginan.

Ketika pasta sudah mulai kering, biasanya processor akan cenderung lebih cepat panas. Nah, jika processor sudah panas, maka sangat mungkin laptop akan mati secara tiba-tiba.

5. Laptop Kotor

Terkadang, debu-debu kecil sering masuk ke laptop tanpa kita sadari. Perlu dipahami, debu-debu tersebut semakin lama akan semakin banyak dan bisa mengganggu kinerja laptop.

Komponen yang sering terganggu oleh debu adalah kipas. Ketika kipas sudah tersumbat debu, maka kinerjanya akan tidak optimal dan menyebabkan laptop panas. Ketika laptop panas, maka bisa menyebabkan laptop mati sendiri.

6. Laptop Terkena Virus

Virus memang selalu memiliki dampak buruk untuk laptop. Ketika sistem laptop sudah diserang virus, maka akan terjadi banyak permasalahan, salah satunya adalah laptop yang sering mati sendiri.

Virus biasanya akan menyerang bagian sistem operasi. Jadi, jika bagian tersebut ada yang hilang atau corrupt, maka sistem tidak bisa bekerja dengan baik, sehingga sering terjadi error.

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Setelah mengetahui beberapa penyebab laptop mati sendiri, sekarang saatnya masuk ke cara mengatasi laptop mati sendiri. Saya akan memberikan beberapa cara yang berpotensi berhasil untuk mengatasi masalah ini.

Tambahkan Kipas Eksternal

Cara Mengatasi Laptop Mati

Kipas eksternal memiliki manfaat yang cukup penting dalam hal pendinginan laptop. Dengan adanya kipas eksternal ini, maka kipas bawaan laptop akan lebih optimal lagi karena sekarang ada 2 sumber pendingin.

Kipas eksternal ini banyak ditemui di tempat jual beli aksesoris laptop. Anda bisa memilih kipas eksternal dengan harga yang murah ataupun yang lebih mahal. Kita semua pasti sudah tahu, semakin mahal suatu barang biasanya semakin bagus pula kualitasnya.

Ganti Pasta Processor

Laptop Mati Sendiri

Poin kedua ini masih berhubungan erat dengan pendinginan laptop. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, pasta processor ini berfungsi untuk mengoptimalkan pendinginan pada laptop. Jadi, jika pasta sudah kering, suhu processor akan cenderung cepat panas.

Untuk mengganti pasta processor, Anda harus membongkar keseluruhan laptop karena letaknya memang pada bagian dalam. Jika Anda tidak bisa, lebih baik langsung serahkan pada tukang service komputer saja.

Oh ya, untuk pasta processor sendiri juga ada berbagai macam, mulai dari yang murah ataupun yang mahal sekalipun. Untuk laptop, biasanya harganya memang sedikit lebih mahal daripada pasta processor PC.

Baca juga : Cara Merawat Laptop Agar Awet

Bersihkan Laptop

Cara Mengatasi Laptop Mati Tiba-tiba

Jika Anda memang hendak berangkat ke tukang service laptop untuk mengganti pasta processor, saya sarankan sekalian bersihkan laptop tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot bolak-balik ke tempat service laptop lagi.

Proses pembersihan laptop memang cukup ribet ya, jadi untuk biayanya mungkin agak mahal. Tapi tidak mengapa karena membersihkan laptop merupakan salah satu bentuk perawatan yang cukup penting.

Bersihkan RAM

Penyebab Laptop Mati Sendiri

Jika laptop Anda terdapat 2 slot, silahkan cek apakah keduanya terdeteksi di laptop. Jika ada salah satu slot yang tidak terdeteksi, maka sudah pasti RAM tersebut bermasalah.

Agar RAM tersebut bisa terbaca kembali, caranya sangat mudah, Anda cukup membersihkan bagian kuningan RAM menggunakan penghapus karet. Dengan begitu, maka RAM sudah bisa digunakan dengan normal.

Scan Virus

Cara Memperbaiki Laptop Mati Sendiri

Melakukan scan virus adalah hal penting yang harus Anda lakukan secara berkala. Dengan begitu, Anda jadi tahu apakah laptop yang digunakan ada virusnya atau tidak.

Untuk antivirusnya, Anda bisa menggunakan yang gratis maupun yang berbayar. Untuk pengguna Windows, saya menyarankan untuk menggunakan Windows Defender saja karena keamanannya lumayan.

Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Hang

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop mati sendiri. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda mengatasi masalah laptop yang mati sendiri.

Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published.