Fitriyanto ✔ Seorang bocah dari desa yang gemar menjadi pembelajar ✔ suka dengan Komputer dan ✔ Menulis Blog.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Laptop lemot menjadi salah satu masalah paling menjengkelkan bagi sebagian besar orang. Bagaimana tidak, ketika laptop yang digunakan lemot, maka secara otomatis akan menghambat pekerjaan yang sedang dilakukan.

Untuk penyebab laptop lemot, itu ada banyak sekali ya macamnya. Contoh kecilnya karena RAM pada laptop yang Anda gunakan terlalu kecil, jadi ketika hendak menjalankan banyak aplikasi RAM tersebut sudah penuh.

cara mengatasi laptop lemot

Atau contoh lainnya karena virus yang menyerang sistem operasi laptop Anda. Ketika laptop Anda sudah terserang virus, biasanya kinerja laptop Anda memang akan cenderung menurun karena kebanyakan virus memang akan merusak sistem laptop.

Tapi tenang saja, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi laptop lemot.

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop lemot:

1. Uninstall Aplikasi

cara mengatasi laptop yang lemot

Ketika Anda menginstall terlalu banyak aplikasi pada laptop, maka sangat wajar jika laptop Anda menjadi lemot. Terlebih jika aplikasi tersebut banyak yang berjalan saat startup, maka akan tambah lemot lagi karena sejak laptop hidup aplikasi sudah berjalan otomatis.

Hal ini juga sering terjadi pada laptop dengan hardisk kecil. Jadi, ketika Anda install banyak aplikasi, secara otomatis space hardisk akan berkurang banyak ya, sehingga tidak ada lagi ruang yang tersisa dan mengakibatkan laptop lemot.

Solusinya, silahkan pilih aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan lalu uninstall. Untuk uninstall aplikasi, ikuti langkah berikut:

  • Pertama, silahkan masuk ke Control Panel lalu pilih Uninstall a program.
  • Pilih aplikasi yang hendak Anda uninstall > klik kanan > Uninstall.
  • Selesai.

Jadi, jika hardisk laptop Anda memiliki ukuran yang cukup kecil, alangkah baiknya install aplikasi seperlunya saja. Kecuali jika kapasitasnya 1TB ke atas, mungkin tidak akan masalah ketika menginstall banyak aplikasi sekalipun.

2. Jalankan Aplikasi Seperlunya

cara mengatasi laptop windows lemot

Pada laptop, kita bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus secara bersamaan atau yang biasa disebut multitasking. Terkadang, orang main buka aplikasi saja tanpa menutup aplikasi lain, padahal terdapat aplikasi lain yang tidak digunakan.

Nah, ketika Anda menjalankan banyak aplikasi, maka secara otomatis laptop akan bekerja lebih keras. Jika spesifikasi laptopnya mumpuni, mungkin tidak akan menjadi masalah ya. Tapi, jika spesifikasi laptopnya masih standard, maka kemungkinan besar malah lemot yang terjadi.

Untuk itu, silahkan jalankan aplikasi yang benar-benar digunakan saja. Kalau memang ada aplikasi yang tidak digunakan, lebih baik ditutup saja daripada memakan resource lebih besar.

3. Scan Virus

cara mengatasi windows lemot

Percayalah, virus merupakan salah satu musuh terbesar pada laptop. Ketika laptop Anda sudah terserang virus, biasanya sistem laptop tersebut akan ikut terganggu kinerjanya dan akan menyebabkan laptop lemot.

Untuk itu, sebaiknya Anda lakukan scan virus secara teratur agar tahu apakah laptop Anda aman atau sedang terjangkit virus. Untuk antivirusnya, Anda bebas mau pakai apa saja. Namun, untuk pengguna Windows, mungkin bisa menggunakan antivirus bawaannya ya yaitu Windows Defender.

Dengan melakukan scan secara teratur, maka virus-virus yang tidak terlihat akan diamankan dan dihapus oleh antivirus tersebut. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Bukankah begitu?

4. Hapus Sampah

cara mengatasi laptop lambat

Di laptop, file-file yang sudah tidak digunakan hanya akan menjadi sampai. Contoh kecilnya adalah ketika Anda menghapus sebuah file, maka file tersebut hanya berpindah tempat saja, bukan benar-benar sudah terhapus permanen.

Selain itu, ketika Anda melakukan update Windows juga demikian. File-file lama pada Windows yang tidak dibutuhkan, akan menjadi sampah juga. Jika dibiarkan saja, maka akan menyebabkan laptop menjadi lemot.

Untuk menghapus sampah di Windows, Anda bisa menggunakan aplikasi CCleaner seperti gambar di atas. Namun, jika Anda enggan menggunakan aplikasi tambahan, maka Anda bisa menggunakan Disk CleanUp bawaan Windows.

5. Defrag Hardisk

cara agar laptop tidak lemot

Defrag memiliki fungsi menjaga kestabilan hardisk karena tujuan dari hal ini adalah untuk memperbaiki boot sector pada hardisk ataupun error pada program.

Untuk melakukan defrag, Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Smart Defrag seperti gambar di atas ataupun tools bawaan dari Windows.

Saran saya, lakukan dafrag hardisk secara teratur, misal seminggu sekali. Dengan begitu, maka hardisk Anda akan lebih optimal karena terus dilakukan perbaikan.

6. Install Aplikasi Versi Lama

cara mengatasi windows 7 lemot

Kita semua pasti tahu ya kalau setiap aplikasi itu memiliki spesifikasi minimum yang berbeda-beda. Bahkan, dalam satu jenis aplikasi saja, spesifikasi minimumnya sudah berbeda juga setiap versinya, semisal Corel Draw x4 dengan Corel Draw x7.

Untuk Corel Draw x4, minimal RAM yang digunakan adalah 512MB saja. Sedangkan untuk Corel Draw x7, minimal RAMnya adalah 2GB atau lebih. Nah, jadi tujuan menginstall aplikasi dengan versi lawas adalah agar laptop dengan spesifikasi standard tidak lemot ketika menjalankannya.

Coba saja kalau laptop dengan RAM 1GB menjalankan Corel Draw x7 yang minimal RAMnya 2GB. Mungkin sih bisa dibuka aplikasinya, tapi ketika sudah digunakan barulah terasa lemotnya.

7. Upgrade RAM

cara mengatasi windows 8 lemot

RAM merupakan salah satu faktor penting dalam kinerja laptop. RAM memiliki fungsi untuk menjalankan dan menyimpan data aplikasi secara sementara. Contoh, ketika Anda membuka Google Chrome, maka RAM akan menyimpan data Google Chrome tersebut, ketika aplikasinya Anda tutup, maka RAM akan menghapus datanya.

Melakukan upgrade RAM adalah salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengatasi laptop lemot. Dengan menambahkan RAM, maka kemungkinan besar Anda bisa mendapatkan kinerja laptop yang lebih cepat.

Namun, sebelumnya Anda harus tahu terlebih dahulu RAM yang digunakan itu tipe apa, apakah DDR3, DDR3L, atau DDR4. Ini sangat penting, jika salah beli maka RAM tersebut tidak akan bisa dipasang karena dudukannya berbeda.

8. Ganti Thermal Paste

cara mengatasi windows 10 lemot

Perlu Anda ketahui, thermal paste memiliki peranan penting dalam mengoptimalkan kinerja laptop. Mungkin posisinya memang tidak terlihat ya karena thermal paste ini berada diantara processor dan besi yang menghantarkan ke kipas.

Ketika thermal paste sudah mulai habis, maka kinerja kipas menjadi kurang optimal, sehingga processor akan menjadi cepat panas. Nah, ketika processor cepat panas, maka akan muncul banyak sekali kemungkinan buruk, salah satunya laptop menjadi lemot.

Untuk itu, silahkan lakukan pengecekan apakah thermal paste laptop Anda masih cukup layak untuk digunakan atau tidak. Jika sudah kering, maka Anda harus segera menggantinya di tempat service laptop terdekat.

Mengganti thermal paste tidak sulit kok, cuma memang sedikit ribet karena harus membongkar keseluruhan komponen laptop. Jika memang tidak bisa, lebih baik serahkan pada ahlinya saja daripada malah terjadi hal diluar keinginan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop yang lemot. Oh ya, cara ini berlaku untuk semua sistem operasi ya, baik itu Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10.

Mungkin cukup sekian saja artikel pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda mengatasi laptop lemot.

Fitriyanto ✔ Seorang bocah dari desa yang gemar menjadi pembelajar ✔ suka dengan Komputer dan ✔ Menulis Blog.