Cara Mengatasi Laptop Blue Screen

  • 4 min read
  • Sep 13, 2020

Blue screen adalah salah satu masalah laptop yang sering terjadi secara tiba-tiba. Entah saat bermain game, mengerjakan tugas, atau sekadar browsing, laptop Anda bisa saja mengalami blue screen.

Masalah blue screen ini bisa terjadi pada semua sistem operasi, khususnya Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10. Selain itu, blue screen juga bisa terjadi pada semua merk laptop, jadi memang tidak pandang bulu.

Cara Mengatasi Laptop Blue Screen

Jadi, blue screen adalah kondisi dimana layar laptop hanya menampilkan background berwarna biru dengan tulisan tertentu. Tulisan tersebut biasanya berhubungan dengan penyebab dari blue screen, jadi Anda bisa menggunakannya sebagai bahan analisa.

Bagi Anda yang mengalami blue screen pada laptop, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya. Cara yang akan saya paparkan akan saya urutkan dari yang paling mudah sampai yang cukup sulit.

Cara Mengatasi Blue Screen di Laptop

Sebelum masuk ke cara mengatasi laptop blue screen, tidak ada salahnya mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Penyebab laptop blue screen sendiri bisa dikarenakan software maupun hardware.

Umumnya, masalah ini terjadi karena sistem Windows yang mengalami error, entah itu corrupt ataupun crash. Dengan demikian, maka Windows tidak bisa melanjutkan prosesnya dan akhirnya terjadilah blue screen.

Baiklah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi laptop blue screen:

Restart Laptop

Cara Mengatasi Blue Screen

Restart adalah cara paling dasar yang bisa dilakukan ketika laptop mengalami blue screen. Langkah ini memang tidak menjamin masalah blue screen bisa teratasi, tapi pada beberapa kasus, cara ini berhasil mengatasi blue screen.

Karena saat blue screen kita tidak bisa melakukan restart dengan perintah Windows, maka kita harus melakukan restart secara paksa. Untuk melakukannya, silahkan tekan tombol power beberapa saat hingga laptop mati.

Setelah laptop mati, silahkan nyalakan kembali laptop seperti biasanya. Setelah itu, Anda akan dibawa booting ke sistem operasi. Jika berhasil, maka Anda bisa masuk ke Windows, tapi jika gagal maka Anda akan menemui blue screen lagi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Hang

Scan Virus

Cara Mengatasi Blue Screen di Laptop

Terkadang, laptop blue screen disebabkan karena adanya virus yang menyerang sistem Windows. Virus tersebut masuk dan menyerang beberapa sistem penting seperti driver ataupun software yang memiliki peran penting pada sistem operasi.

Untuk itu, langkah yang bisa diambil untuk mengatasinya adalah dengan melakukan scan dengan antivirus. Terkait antivirus yang digunakan, Anda bisa menggunakan antivirus gratis maupun berbayar. Bagi pengguna Windows, Anda bisa menggunakan Windows Defender untuk melakukan scan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Restore System Windows

Cara Mengatasi Windows Blue Screen
System Restore adalah fitur bawaan Windows yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan system sebelum mengalami permasalahan, dalam hal ini adalah masalah blue screen pada laptop.

Untuk melakukan system restore caranya cukup mudah, Anda tidak memerlukan software tambahan karena semuanya sudah disiapkan oleh Windows.

Untuk merestore system Windows, silahkan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silahkan matikan laptop Anda terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, nyalakan laptop lalu tekan tombol F8 saat proses booting. Selanjutnya Anda akan melihat beberapa opsi Safe Mode, silahkan pilih Safe Mode.
  3. Setelah berhasil masuk ke Safe Mode, silahkan buka menu System Restore. Caranya dengan klik Windows > klik pencarian lalu ketikkan Control Panel > setelah Control Panel terbuka, pilih System & Security.
  4. Selanjutnya, setelah System  & Security terbuka, pilih Action Center Recovery Open System Restore.
  5. Setelah masuk ke System Restore, silahkan Anda pilih tanggal yang diinginkan (tanggal saat belum terjadi masalah blue screen). Namun, Anda bisa juga mengikuti rekomendasi dari Windows dengan pilih default saja.
  6. Setelah Anda pilih, silahkan klik Next terus sampai Finish, selanjutnya klik Yes.
  7. Tunggu proses restore selesai.

Proses restore ini diawali dengan laptop yang restart secara otomatis, setelah itu proses restore akan berjalan. Silahkan tunggu sampai proses selesai, setelah selesai, silahkan Anda gunakan laptop beberapa saat untuk mengecek apakah masih terjadi blue screen atau tidak.

Baca Juga: Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Repair Sistem Operasi

Cara Memperbaiki Laptop Blue Screen

Melakukan repair Windows memiliki tujuan untuk memperbaiki error yang terjadi pada Windows, termasuk masalah blue screen ini.

Untuk melakukan repair Windows, Anda membutuhkan media berupa file sistem operasi, boleh DVD ataupun bootable flashdisk. Jika belum punya, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu.

Jika media sudah siap, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, silahkan masuk BIOS terlebih dahulu. Caranya, nyalakan laptop Anda lalu tekan tombol F2, Del, Esc, ataupun tombol lain (tombol setiap laptop biasanya berbeda).
  2. Setelah itu, ubah boot menjadi DVD atau flashdisk, tergantung media yang Anda gunakan. Setelah diatur, simpan perubahan dengan klik Save Changes and Reset.
  3. Selanjutnya laptop akan restart otomatis. Ketika muncul tulisan Press any key to… silahkan tekan tombol apa saja.
  4. Pada halaman selanjutnya, silahkan atur bahasa menjadi bahasa Indonesia lalu klik Next.
  5. Setelah itu, klik Repair your computer dan tunggu beberapa saat.
  6. Pada System recovery tool, silahkan pilih Use recovery tools lalu klik Next.
  7. Selanjutnya Anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan, silahkan pilih Startup Repair (lihat gambar di atas) dan tunggu proses selesai.
  8. Jika sudah selesai, silahkan klik Finish.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cek Hardware

Cara Mengatasi Blue Screen di Windows

Seperti yang saya katakan sebelumnya, penyebab laptop blue screen itu bisa karena hardware maupun software. Nah, untuk itu, kita juga harus melakukan pengecekan pada hardware ketika mengalami blue screen.

Salah satu hardware yang berhubungan erat dengan masalah ini adalah RAM. Ketika RAM sudah rusak, maka salah satu masalah yang akan terjadi adalah laptop blue screen.

Untuk mengeceknya, Anda bisa menggunakan BIOS. Silahkan lihat apakah RAM laptop Anda terbaca semua atau tidak. Jika ada RAM yang tidak terbaca, maka langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkannya.

Untuk membersihkan RAM, Anda bisa menggunakan penghapus karet. Silahkan bersihkan pada bagian kuningan RAM tersebut. Jika sudah, silahkan pasang kembali pada tempatnya.

Selain RAM, Anda juga harus mengecek kondisi hardisk. Pastikan hardisk yang Anda gunakan masih 100% kesehatannya. Untuk mengecek kondisi kesehatan hardisk, silahkan gunakan aplikasi Hardisk Sentinel.

Install Ulang

Cara Memperbaiki Blue Screen

Jika cara-cara di atas tidak ada yang berhasil, maka cara pamungkas yang bisa Anda gunakan adalah install ulang sistem operasi laptop.

Seperti pengalaman saya kemarin saat membetulkan komputer tetangga yang blue screen. Saya sudah melakukan langkah-langkah seperti yang saya sebutkan sebelumnya tapi hasilnya nihil.

Akhirnya, saya memutuskan untuk melakukan install ulang pada laptop tersebut. Alhamdulillah masalah blue screen sudah teratasi dan laptop sudah bisa digunakan dengan normal.

Baca juga : Cara Merawat Laptop Agar Awet

Nah, itulah beberapa cara mengatasi laptop blue screen yang bisa Anda gunakan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi laptop blue screen.

Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *