Cara Mengaktifkan Windows Defender

  • 3 min read
  • Jul 19, 2020

Bagaimana cara mengaktifkan Windows Defender di Windows 10?

Pertanyaan ini biasanya akan ditanyakan oleh para pengguna Windows 10 yang masih baru.

Karena belum terbiasa menggunakan Windows 10, setelah melakukan instalasi dan melakukan aktivasi, muncul pula keinginan untuk mengetahui cara mengaktifkan proteksi real time Windows Defender.

Baiklah, untuk Anda yang bingung bagaimana mengaktifkan Windows Defender yang turn off, mari simak ulasannya di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Windows Defender Di Windows 10

Apa Itu Windows Defender

Windows Defender adalah aplikasi atau tool antivirus bawaan Windows.

Tool ini sebenarnya tidak hanya ada di Windows 10 melainkan akan kita temukan pula pada versi Windows sebelumnya seperti Windows 8, Windows 7, bahkan Windows Vista.

Dengan adanya aplikasi anti virus bawaan Windows ini, setidaknya para pengguna tidak perlu khawatir akan serangan virus ataupun malware meskipun belum melakukaninstalasi aplikasi anti virus pihak ketiga.

Fitur Windows Defender

Meskipun tidak sedikit pengguna yang meremehkan kemampuan proteksi dari Windows Defender, sebenarnya tool ini cukup bisa diandalkan.

Selain tak perlu repot-repot memasang anti virus pihak ketiga semacam Smadav, Avast, Norton, Avira, dan yang lainnya, Windows Devender juga layak digunakan karena kemampuannya dalam menghalau serangan virus.

Adapun fitur-fitur dari Windows Defender ini antara lain:

1. Real Time Protection

2. Anti Spyware

3. Terintegrasi Dengan Layanan Spynet Microsoft

Hanya saja yang perlu dicatat, Windows Defender ini memang bisa dikatakan terlalu sensitif.

Anda tidak bisa install anti virus pihak ketiga tanpa mematikan dulu real time proteksi Windows Defender.

Karena jika tidak dimatikan, maka Windows Defender akan mendeteksi aplikasi anti virus tersebut sebagai virus.

Dan terkadang jika dipaksakan, maka akan terjadi crash pada sistem Windows itu sendiri.

Cara Mengaktifkan Windows Defender Windows 10

Setidaknya ada 3 cara yang kami ketahui dan bisa Anda gunakan untuk mengaktifkan Windows Defender di Windows 10.

Berikut ini panduan lengkap dari ketiga cara tersebut:

Melalui Menu Setting

Cara pertama dan cukup mudah dilakukan adalah mengaktifkan Windows Defender via menu setting Windows 10.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Silahkan buka menu setting atau pengaturan Windows 10 dengan cara klik start -> setting (menu setting windows 10 ditandai icon berbentuk gerigi atau gear). Lihat gambar. Cara Mengaktifkan Windows Defender Windows 10
  2. Setelah itu akan muncul beberapa menu lagi di dalam menu setting. Namun, di sini Anda hanya perlu memilih menu “update & security“. Windows Defender Antivirus
  3. Di dalam menu “update & security“, silahkan pilih menu “Windows Defender”. Windows Defender Windows 10 Pro
  4. Nah setelah terbuka, perhatikan pada pengaturan “real time protection” dan “cloud-based protection“. Saran kami, aktifkan saja keduanya agar komputer Anda terhindar dari virus baik saat offline maupun online. Selesai.

Melalui Menu Regedit

Selain melalui menu setting Windows, cara mengaktifkan Windows Defender di Windows 10 juga bisa Anda lakukan via regedit.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Pada kolom search di samping star, silahkan ketik “regedit” untuk membuka registry editor. Windows Defender Regedit
  2. Pada jendela registry editor, pilih folder HKEY_LOCAL-MACHNE -> SOFTWARE -> Policy -> Microsoft -> Windows Defender. Nah di sini, silahkan tambahkan registry dengan type REG_DWORD. Caranya silahkan klik kanan pada bilah halaman sebelah kanan, lalu klik “new“, dan pilih DWORD(32 bit) Value. Lihat gambar. Cara Mengaktifkan Windows Defender Windows 10 Yang Sudah Turn Off
  3. Kemudian silahkan rename registry yang telah Anda tambahkan tadi dengan nama “DisableAntiSpyware“.
  4. Setelah itu silahkan klik registry tadi untuk mengatur nilainya. Cara Restart Windows DefenderPerhatikan gambar. Pada bagian “value data“, Anda bisa memberi nilai “0” atau “1”. Jika Anda memberi nilai “0”, maka Windows Defender akan aktif. Tapi jika nilainya “1”, maka Windows Defender akan nonaktif atau disable.

Cara mengaktifkan Windows Defender menggunakan regedit ini tidak dianjurkan bagi Anda yang masih awam tentang pengaturan registry.

Namun, cara ini bisa Anda pelajari dan manfaatkan jika Anda ingin agar orang lain tidak bisa mengaktifkan Windows Defender via menu setting.

Melalui Group Policy

Ini adalah cara mengaktifkan Windows Defender yang turn off by group policy.

Adapun langkah-langkah yang perlu Anda lakukan yaitu:

  1. Silahkan ketikkan “gpedit.msc” pada kolom search Windows 10 untuk membuka editor group policy. Windows Defender Group Policy
  2. Setelah terbuka seperti gambar di bawah ini, silahkan pilih Administrative Template -> Windows Components -> Windows Defender. Windows Defender Yang Turn Off By Group Policy
  3. Lihat pada bilah halaman sebelah kanan. Di sana ada banyak item salah satunya pengaturan “Turn Off Windows Defender“.
  4. Selanjutnya silahkan klik pada setting Windows Defender tersebut. Maka, akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah ini. Windows Defender Managed By Your Organization
  5. Nah di sana ada 3 pilihan yaitu “not configured“, “enabled” dan “disabled“. Fungsi masing-masing opsi pastinya sudah Anda ketahui. Not configured artinya tidak dikonfigurasi atau tidak diatur. Lalu enabled untuk mengaktifkan Windows Defender. Kemudian disabled untuk mematikan atau menonaktifkan Windows Defender. Klik “OK” untuk menyimpan dan menerapkan pengaturan yang telah Anda pilih. Selesai.

Sama seperti cara melalui regedit, cara mengaktifkan Windows Defender di Windows 10 dengan group policy editor ini juga tidak semudah melalui menu setting.

Tapi jika Anda ingin melindungi akses ke pengaturan Windows Defender melalui menu setting, cara ini juga bisa Anda gunakan. 

Cara Mengaktifkan Windows Defender Yang Tidak Bisa Dibuka

Terkadang meskipun sudah diatur dalam mode aktif, Windows Defender tetap tidak bisa dibuka. Hal ini cukup membingungkan bagi pengguna baru.

Tapi tenang saja, untuk mengatasi Windows Defender yang tidak bisa dibuka, Anda bisa mencoba cara berikut ini:

Pertama, pada kolom search, silahkan ketik control panel. Perintah ini untuk membuka menu control panel. Setelah control panel terbuka, silahkan pilih menu “security & maintenance“.

Kedua, akan muncul jendela kecil “virus & threat protection setting“. Nah untuk membuka Windows Defender, silahkan klik tombol “turn on” pada jendela “virus & threat protection setting” tersebut. Selesai.

Penutup

Itulah 3 cara mengaktifkan real protection Windows Defender di Windows 10 yang bisa dicoba. Mengaktifkan fitur proteksi Windows Defender ini cukup penting setelah Anda melakukan install Windows 10 agar aman dari serangan virus.

Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published.