Fitriyanto ✔ Seorang bocah dari desa yang gemar menjadi pembelajar ✔ suka dengan Komputer dan ✔ Menulis Blog.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Setiap pengguna pasti menginginkan kinerja laptop yang cepat agar bisa melakukan sebuah pekerjaan tanpa hambatan.

Kinerja laptop memang akan sangat berpengaruh pada apa yang kita kerjakan, semakin cepat kinerja laptop maka akan semakin cepat pula pekerjaan kita selesai.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Beda halnya ketika laptop yang kita gunakan lemot, maka sudah bisa dipastikan pekerjaan akan molor. Oleh karena itu, sebagai pengguna laptop, kita memang harus selalu mengoptimalkan kinerjanya agar semakin cepat. Namun, apakah Anda tahu bagaimana caranya?

Tenang, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara mudah yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat kinerja laptop Windows, baik itu Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10.

Cara Meningkatkan Performa Laptop

Di bawah ini akan saya paparkan beberapa cara mulai yang paling mudah sampai yang sedikit rumit, silahkan praktikkan yang menurut Anda mudah saja, untuk yang rumit bisa di skip terlebih dahulu.

1. Hapus File Sampah

cara mempercepat kinerja di laptop

Cara pertama ini juga sudah pernah dibahas pada artikel cara mengatasi laptop lemot. Jadi, setiap file yang dihapus itu tidak benar-benar langsung terhapus, file tersebut hanya akan pindah tempat saja ke Recycle Bin.

Apakah Anda sudah tahu apa itu Recycle Bin? Jadi, Recycle Bin adalah sebuah tempat yang digunakan untuk meletakkan file-file yang dihapus oleh pengguna. Tanpa disadari, file tersebut akan semakin banyak jumlahnya dan bisa menghambat kinerja laptop.

Oleh karena itu, lebih baik kita menghapus file tersebut saja agar space hardisk lebih lega dan kinerja laptop bisa lebih meningkat. Untuk menghapusnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, silahkan buka desktop laptop Anda.
  • Perhatikan icon-icon aplikasi yang ada, silahkan fokus pada aplikasi Recycle Bin.
  • Silahkan klik kanan pada Recycle Bin lalu pilih Empty Recycle Bin.
  • Selesai.

2. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

cara mempercepat kinerja pada laptop

Sebenarnya tidak menjadi masalah ketika Anda menginstall banyak aplikasi, dengan catatan aplikasi tersebut memang benar-benar digunakan semuanya.

Jika terdapat aplikasi yang tidak digunakan, maka alangkah baiknya uninstall saja aplikasi tersebut. Soalnya, semakin banyak aplikasi yang terinstall, akan semakin besar juga space hardisk yang dibutuhkan, dan itu sudah pasti akan mengurangi kinerja laptop.

Nah, jika Anda memiliki aplikasi yang sekiranya tidak digunakan, silahkan lakukan uninstall dengan cara di bawah ini:

  • Pertama, silahkan buka Control Panel di laptop Anda.
  • Pada bagian Programs, silahkan klik Uninstall a program.
  • Silahkan cari aplikasi yang hendak Anda uninstall, jika sudah ketemu silahkan klik kanan lalu pilih Uninstall.
  • Selesai.

3. Kurangi Startup App

cara mempercepat kinerja laptop windows

Startup App merupakan sebuah aplikasi yang berjalan sejak laptop pertama kali dihidupkan. Aplikasi-aplikasi ini merupakan salah satu penyebab kenapa proses booting menjadi lama.

Secara default, hampir semua aplikasi startup memang akan hidup. Untuk itu, kita harus mematikannya secara manual agar kinerja laptop tidak terbebani. Tapi ingat, Anda hanya boleh mematikan startup app yang tidak ada kaitannya dengan Windows, karena bisa berakibat fatal.

Untuk mematikan startup app ada 2 ya, yang pertama melalui task manager dan yang kedua melalui settings. Bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8, Anda hanya bisa menggunakan msconfig saja karena pada pengaturan memang tidak ada.

Mematikan startup app dengan task manager:

  • Pertama, silahkan buka Run dengan menekan tombol Windows + R.
  • Setelah muncul kolom, ketikkan taskmgr lalu tekan Enter.
  • Selanjutnya pindah ke tab Startup.
  • Silahkan pilih aplikasi yang hendak dimatikan > klik kananDisable.Disable Startup App

Mematikan startup app dengan pengaturan:

  • Pertama, ketikkan Startup App pada kolom pencarian.
  • Setelah itu pilih Startup.
  • Pilih aplikasi yang hendak dimatikan lalu klik Toggle hingga berwarna abu-abu.

4. Kurangi Visual Efek

Kita semua pasti tahu kalau visual efek pada Windows memang sangat keren, jadi memang nyaman dipandang mata. Tapi, apakah Anda tahu kalau efek tersebut akan memberatkan kinerja laptop?

Jika spesifikasi laptop Anda sudah tinggi, mungkin tidak akan menjadi beban ya. Tapi, kalau spesifikasi laptop Anda masih standard, mungkin akan terbebani dengan visual efek yang ada.

Untuk itu, lebih baik matikan beberapa visual efek yang sekiranya tidak dibutuhkan. Untuk mematikannya, silahkan ikuti langkah berikut:

  • Pertama, silahkan buka Windows Explorer pada laptop Anda, setelah itu klik kanan pada This PC lalu pilih Properties.cara mempercepat kinerja windows
  • Setelah itu, Anda akan dibawa ke System, silahkan pilih Advanced system settings > setelah muncul jendela pilih tab Advanced > pada performance silahkan klik Settings.cara mempercepat kinerja di windows
  • Setelah itu, pada Visual Effects silahkan pilih Custom lalu centang seperti gambar di bawah ini saja karena pengaturannya memang sudah saya optimalkan.mempercepat kinerja windows
  • Langkah terakhir, simpan pengaturan dengan klik Apply lalu Ok.

5. Install Antivirus

cara mempercepat performa laptop

Kita semua pasti sepakat kalau virus adalah salah satu musuh terbesar bagi laptop. Ketika laptop sudah terkena virus, maka kinerja laptop tersebut akan menurun karena biasanya akan terserang bagian systemnya.

Untuk itu, kita sebagai pengguna memang harus menginstall aplikasi antivirus di laptop. Anda bebas memilih antivirus apa saja selama Anda juga yakin kalau antivirus tersebut mampu mengamankan laptop dari virus.

Bagi pengguna Windows, saya menyarankan Anda menggunakan Windows Defender saja. Aplikasi bawaan Windows ini bisa dibilang sudah cukup untuk menjadi tameng perlindungan agar laptop tidak terkena virus.

6. Bersihkan Sampah pada Hardisk

cara meningkatkan kinerja laptop

Pada Windows, terdapat sebuah tools yang bisa digunakan untuk membersihkan sampah pada hardisk yaitu Disk Cleanup. Aplikasi ini mampu membersihkan file-file temporary ataupun file yang sudah tidak digunakan lagi.

Jika Anda baru saja melakukan update Windows, maka akan banyak file temporary yang menumpuk. Nah, dengan Disk Cleanup inilah file tersebut bisa dibersihkan. Untuk membersihkannya, simak cara berikut:

  • Pertama, silahkan buka Windows Explorer di laptop Anda.
  • Setelah itu, pilih disk yang ingin Anda bersihkan (Disk C, D, E, atau lainnya).
  • Selanjutnya, klik kanan pada disk yang ingin dibersihkan lalu klik Properties.
  • Terakhir, klik Disk Cleanup dan tunggu proses berikutnya, jika ada step tambahan, maka Anda bisa mengikutinya.

7. Lakukan Defrag Hardisk

cara meningkatkan performa laptop

Fragmentasi pada file hardisk akan menyebabkan hardisk bekerja lebih keras, sehingga dapat menurunkan kinerja laptop. Untuk itu, ada kalanya kita memang harus melakukan defrag pada hadrisk agar data-data yang terfragmentasi disusun ulang.

Untuk melakukan defrag hardisk ini caranya sangat mudah, pada Windows juga sudah disediakan toolsnya. Untuk mendefrag hardisk, berikut caranya:

  • Pertama, silahkan buka Windows Explorer.
  • Setelah itu, klik kanan pada disk yang hendak di defrag > pilih Properties > pindah ke tab Tools lalu pilih Optimize.
  • Pada halaman selanjutnya, Anda hanya perlu klik Optimize lagi dan tunggu proses selesai.

8. Upgrade RAM dan Hardisk

Dengan melakukan upgrade RAM dan hardisk, sudah tentu performa akan semakin meningkat. Pasalnya, space pada kedua perangkat tersebut memang sangat memengaruhi kinerja laptop.

Semakin besar ukuran RAM dan hardisk, biasanya akan semakin cepat juga performa laptop tersebut. Jadi, silahkan lakukan upgrade jika memang Anda memerlukannya.

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam meningkatkan kinerja laptop.

Fitriyanto ✔ Seorang bocah dari desa yang gemar menjadi pembelajar ✔ suka dengan Komputer dan ✔ Menulis Blog.