Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

  • 4 min read
  • May 15, 2020

Keyboard merupakan salah satu perangkat laptop yang keberadaannya sangat dibutuhkan. Jadi, kalau sudah rusak maka penggunanya akan tambah ribet karena harus membawa keyboard eksternal saat bepergian.

Kerusakan pada keyboard sangat mungkin terjadi, bukan hanya pada satu merk laptop saja, melainkan pada semua laptop. Biasanya, kerusakan ini disebabkan oleh waktu yang memang sudah harus ganti ataupun penggunanya yang kurang berhati-hati.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Berdasarkan pengalaman saya, kerusakan pada keyboard itu tidak langsung secara keseluruhan, melainkan secara bertahap. Misal hari ini yang rusak hanya tombol A saja, nah suatu saat pasti akan menular ke tombol lain tuh.

Tapi tenang, pada kesempatan kali ini baguspedia akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda manfaatkan untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak bisa digunakan.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

Bagi Anda yang mengalami kerusakan pada keyboard rusak, silahkan coba atasi dengan beberapa cara di bawah ini:

Restart Laptop

Restart adalah cara yang selalu dilakukan ketika terjadi masalah apapun pada laptop, termasuk ketika keyboard tidak berfungsi. Dengan melakukan restart, maka laptop Anda akan memulai ulang semua komponennya.

Jadi, ketika keyboard laptop Anda tidak bisa digunakan sama sekali, jangan lakukan hal aneh-aneh terlebih dahulu, cukup lakukan restart saja dan lihat hasilnya.

Terkadang, keyboard yang tidak berfungsi juga mengakibatkan touchpad tidak berfungsi. Jika kebetulan Anda tidak membawa mouse, Anda bisa mematikan laptop secara paksa dengan menekan tombol power beberapa saat sampai laptop mati.

Matikan NumLock

cara mengatasi keyboard laptop rusak

NumLock merupakan sebuah perintah yang jika diaktifkan akan mengubah tombol 789 – uio – jkl – m menjadi angka dari 1 sampai 0 secara berurutan.

Jadi, ketika Anda menekan tombol-tombol tersebut akan tetapi yang muncul adalah angka, maka kemungkinan besar NumLock pada laptop Anda menyala.

Jadi, solusinya sudah jelas yaitu mematikannya. Untuk mematikannya, silahkan Anda tekan tombol Fn dan NumLock pada keyboard Anda maka NumLock akan mati.

Untuk posisi tombol NumLock biasanya berbeda-beda ya setiap merk laptop. Namun, pada umumnya terletak satu tempat dengan tombol Insert.

Update Driver

Cara Memperbaiki Keyboard Tidak Berfungsi

Perlu Anda ketahui, keyboard pada laptop itu bisa berjalan dengan baik karena adanya driver yang terinstall. Secara default, driver keyboard memang akan secara otomatis terinstall saat pertama kali ya.

Nah, kemungkinan, posisi driver keyboard tersebut sudah usang dan harus diperbaharui. Untuk memperbaharuinya, Anda bisa masuk ke Device Manager lalu klik kanan pada driver keyboard lalu klik Update driver.

Selain cara itu, Anda juga bisa melakukan update manual melalui Google dengan mencari driver versi terbarunya. Dengan ini, maka keyboard Anda bisa terhubung ke laptop dengan sangat baik.

Cek Konektor

cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi

Konektor keyboard yang lepas sangat mungkin terjadi ya pada laptop, terlebih jika laptop Anda sudah pernah dibongkar oleh teknisi. Mungkin saja, teknisi tersebut lupa mengunci konektor setelah memasangnya, karena laptop goyang atau apapun konektor jadi lepas.

Untuk melakukan pengecekan apakah konektor benar-benar lepas atau tidak, maka Anda harus mencopot keyboard tersebut. Untuk mencopotnya sangat mudah kok, Anda tinggal mencongkel bagian pinggir-pinggir keyboard dengan baut minus.

Namun, Ada juga laptop yang sangat susah untuk mencopot keyboardnya. Jadi kita memang harus melakukan bongkar sebagian body laptop terlebih dahulu agar bisa mencopot keyboardnya. Jika memang tidak bisa, lebih baik bawa ke teknisi terdekat saja.

Setelah melakukan pengecekan konektor, silahkan lakukan poin nomor 5 sekalian yaitu membersihkan keyboard.

Bersihkan Keyboard

Yang selanjutnya adalah membersihkan keyboard. Seperti yang saya singgung sedikit sebelumnya, debu yang masuk pada keyboard memang bisa menyebabkan keyboard menjadi tidak bisa digunakan.

Nah, untuk solusinya sudah jelas ya yaitu membersihkannya. Pada point 4, kita sudah melakukan pengecekan konektor. Setelah mengecek konektor tersebut, jangan langsung dipasang kembali keyboard, silahkan bersihkan keyboardnya sekalian.

Anda bisa membersihkan bagian atas serta bagian bawah keyboard menggunakan tisu ataupun kain halus lainnya. Anda juga bisa menambahkan cairan seperti alkohol ataupun minyak kayu putih untuk melakukan pembersihan.

Penyebab Keyboard Laptop Rusak

Kerusakan yang sering terjadi pada keyboard itu juga bermacam-macam, tidak hanya satu saja.

Berikut ini adalah beberapa masalah yang sering terjadi pada keyboard laptop:

  • Tombol keras saat ditekan atau bahkan tidak bisa ditekan sama sekali.
  • Tombol bisa ditekan namun output tidak sesuai dengan huruf aslinya.
  • Keyboard tidak berfungsi sama sekali.
  • Sebagian tombol tidak berfungsi dan sebagian lagi berfungsi.
  • Tombol mencet sendiri yang sering menyebabkan masuk BIOS terus-menerus.

Nah, itu adalah beberapa kerusakan yang sering terjadi pada keyboard laptop. Selanjutnya adalah hal-hal yang sering menyebabkan rusak keyboard, silahkan simak di bawah ini:

1. Kotoran yang Masuk Keyboard

Ada beberapa jenis kotoran yang sangat mungkin masuk ke keyboard laptop, diantaranya adalah debu ataupun pasir kecil. Ketika kotoran tersebut masuk ke keyboard, biasanya akan menyebabkan tombol keras saat ditekan.

Nah, ketika kita memaksakan untuk menekan tombol tersebut, tidak jarang tombol keyboard malah jadi jebol sehingga tidak bisa digunakan sama sekali.

2. Terkena Cairan

Cairan ini bisa berupa air minum, air hujan, atau air biasa yang tidak sengaja masuk ke keyboard laptop. Percaya atau tidak, ketika air masuk ke keyboard maka kemungkinan terburuknya adalah komponen keyboard konslet.

Nah, ketika sudah konslet, maka secara otomatis keyboard laptop tidak berfungsi sama sekali karena sifat barang elektronik memang seperti itu jika terkena air.

3. Dominan Menekan Satu Tombol

Tombol yang lebih dominan ditekan daripada tombol lain, sudah tentu akan cenderung lebih cepat rusak. Hal ini sering terjadi pada pengguna laptop yang suka dengan game.

Laptop itu sebenarnya diciptakan untuk kegiatan yang bersifat pekerjaan saja. Jadi, kalau memang mau main game menggunakan laptop, lebih baik menggunakan keyboard eksternal saja.

4. Terlalu Keras Saat Menekan

Menekan tombol keyboard terlalu keras juga bisa menyebabkan keyboard cepat rusak karena berdasarkan pengalaman pribadi, dudukan tombol itu tidak bisa balik lagi.

Menekan tombol dengan keras itu biasanya juga karena digunakan untuk main game. Jadi, memang sangat disarankan kalau main game di laptop lebih baik gunakan keyboard eksternal.

5. Laptop Terjatuh

Tidak bisa dipungkiri, laptop yang jatuh memang akan selalu menimbulkan masalah, termasuk keyboard yang menjadi tidak berfungsi. Saat jatuh, maka laptop akan mengalami sebuah benturan yang akan mengganggu fungsi dari sebuah komponen.

Jika yang rusak hanya pada keyboard saja, maka itu masih sangat untuk. Kalau kerusakan terjadi pada komponen penting seperti LCD, maka Anda harus mengeluarkan biaya yang lumayan banyak untuk menggantinya.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Blutooth di Laptop

Demikianlah ulasan tentang cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak bisa digunakan. Cara-cara di atas adalah cara dasar saja sebelum memutuskan untuk membawanya ke tempat service laptop.

Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published.