Cara Membuka Situs yang Diblokir

  • 4 min read
  • Jun 11, 2020

Terkadang, kita sering menemukan situs yang tidak bisa diakses karena diblokir. Pemblokiran tersebut memang sengaja dilakukan pemerintah pada sebuah situs yang tidak pantas untuk diakses.

Hal ini mungkin web tersebut karena melanggar kebijakan atau tidak mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Cara-Membuka-Situs-yang-Diblokir

Seperti yang kita ketahui bersama, di internet semua orang bisa menyebarluaskan apa saja, termasuk konten yang cenderung negatif dan kurang bermanfaat. Salah satu penyebaran konten tersebut bisa dilakukan melalui situs yang dibuat secara gratis maupun berbayar.

Oleh karena itu, maka wajar saja jika pemerintah langsung beraksi untuk menggencarkan pemblokiran pada situs yang menurut mereka tidak pantas untuk dibaca publik. Jika kita perhatikan, saat ini sudah mulai banyak situs yang kena babat dan tidak bisa diakses.

Padahal, tidak semua situs yang diblokir pemerintah benar-benar tidak bermanfaat. Ada juga situs yang memberikan manfaat tapi ternyata tetap diblokir. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kita mencoba membuka situs yang diblokir tersebut dengan beberapa cara, silahkan simak di bawah ini.

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Android

Untuk membuka situs yang diblokir di Android, kita bisa memanfaatkan aplikasi yang sudah banyak tersebar di internet maupun Google Play Store. Pada dasarnya, basic dari aplikasi tersebut sama saja, yaitu memiliki basis VPN.

Sebenarnya, ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan. Namun, pada artikel ini saya hanya akan memberikan 2 situs saja, berikut rinciannya:

Turbo VPN

Cara-Membuka-Situs-yang-Diblokir-Kominfo

Turbo VPN adalah sebuah VPN android yang 100% gratis dan berkecepatan tinggi. Hal ini dikatakan langsung oleh developer Turbo VPN melalui deskripsi di Google Play. Bukti lain kalau aplikasi ini memang bagus adalah dari ulasan para penggunanya yang sebagian besar positif.

Berikut adalah cara menggunakan Turbo VPN:

  1. Pertama, silahkan download dan install Turbo VPN terlebih dahulu.
  2. Setelah berhasil diinstall, langsung buka saja aplikasinya.
  3. Pada halaman awal aplikasi, Anda akan melihat gambar kelinci. Silahkan klik icon wortel di bawah tulisan “Ketuk untuk Menghubungkan”. Jika ada jendela, silahkan centang lalu pilih Oke.
  4. Tunggu proses connecting selesai. Jika sudah selesai, maka akan ada keterangan Terhubung dengan gambar kelinci yang sedang tiduran.

Hotspot Shield

Cara-Membuka-Situs-yang-Diblokir-Internet-Positif

Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, Hotspot Shield juga merupakan aplikasi VPN gratis yang bisa Anda dapatkan di Google Play Store. Dengan aplikasi ini, Anda bisa membuka situs yang diblokir dengan mudah.

Berikut adalah cara menggunakan Hotspot Shield untuk membuka situs yang diblokir:

  1. Silahkan download aplikasi Hotspot Shield di Google Play Store.
  2. Buka aplikasinya jika proses instalasi sudah selesai.
  3. Pada halaman utama aplikasi, silahkan tekan lingkaran dengan tulisan Connect untuk menghubungkan. Jika disuruh memilih negara, silahkan pilih negara sesuai keinginan Anda, sebagai contoh Amerika Serikat.
  4. Setelah itu, Anda tinggal menunggu proses selesai. Jika sudah selesai, Anda akan melihat tulisan Connected pada lingkaran. Atau kalau tidak, Anda akan melihat lamanya waktu terhubung dengan Hotspot Shield.

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Komputer

Jika pada Android menggunakan aplikasi, maka di komputer tidak memerlukan aplikasi apapun. Hampir semua browser di komputer memiliki dukungan untuk memasang plugin ataupun extension. Nah, itulah yang akan kita gunakan untuk membuka situs yang diblokir.

Di bawah ini, saya akan mempraktikkannya pada beberapa web browser:

Di Browser Google Chrome

Cara-Membuka-Situs-yang-Diblokir-di-Chrome

Google Chrome adalah sebuah browser yang cukup populer dan banyak penggunanya. Jadi, kemungkinan besar akan banyak yang membutuhkan cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome.

Cara yang akan dipraktikan pada langkah ini adalah menggunakan extension bernama anonymoX. Jadi, ekstensi ini memiliki fungsi mengubah IP Address menjadi IP negara lain sehingga kita tetap bisa membuka sebuah situs yang diblokir negara Indonesia.

Berikut adalah cara menggunakan anonymoX di Google Chrome:

  1. Pertama, terlebih dahulu buka Google Chrome di komputer Anda.
  2. Setelah itu, klik titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih More tools. Pada bagian tools, Anda akan melihat beberapa pilihan, silahkan klik Extensions.
  3. Jika sudah masuk halaman Extensions, silahkan klik Get more extensions atau Open Chrome Web Store.
  4. Pada kolom pencarian, silahkan ketikkan anonymoX lalu tekan Enter. Silahkan install extension tersebut dengan klik Tambahkan ke Chrome dan tunggu sampai selesai.
  5. Jika sudah selesai, maka secara otomatis Chrome Anda akan terhubung dengan IP negara lain. Anda bisa mengubahnya dengan klik icon anonymoX pada bagian Extensions (icon di kanan atas Chrome) lalu pilih negara yang Anda inginkan.

Di Browser Mozilla Firefox

Cara-Membuka-Situs-yang-Diblokir-di-Mozilla-Firefox

Untuk Mozilla Firefox, yang digunakan masih sama dengan Google Chrome, yaitu anonymoX. Cuma, di Mozilla Firefox sedikit berbeda nama, kalau di Google Chrome extensions, sedangkan di Mozilla Firefox Add-ons. Tapi pada intinya sama saja kok.

Untuk menggunakan anonymoX di Mozilla Firefox, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, silahkan buka Mozilla Firefox terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, buka menu dengan cara klik strip tiga pada pojok kanan atas. Pada menu tersebut, akan muncul banyak pilihan, silahkan pilih Add-ons.
  3. Pada bagian Find more extensions, silahkan ketikkan anonymoX lalu tekan Enter.
  4. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman download Add-on. Silahkan klik anonymoX, setelah itu langsung klik Tambah ke Firefox untuk menginstall add-ons tersebut.
  5. Tunggu proses pemasangan add-ons selesai. Jika sudah selesai, maka secara otomatis Anda akan terhubung dengan IP negara lain.

Di Browser Opera

Cara-Membuka-Situs-yang-Diblokir-di-Opera

Di Opera, Anda tidak memerlukan add-ons ataupun extensions apapun karena Opera sendiri sudah memiliki fitur VPN yang sengaja ditanamkan oleh developernya.

Baik Opera Android maupun komputer, semuanya memang sudah dibekali VPN bawaan. Jadi akan lebih mudah ketika ingin membuka situs yang diblokir.

Berikut adalah cara menggunakan VPN di Opera:

  1. Pertama, buka aplikasi Opera di komputer Anda.
  2. Setelah itu, klik menu Setting.
  3. Pada halaman setting, pilih Advanced > Privacy & Security lalu scroll ke bawah sampai menemukan VPN. Setelah ketemu, silahkan aktifkan dengan klik toggle pada bagian Enable VPN sampai berwarna biru
  4. Selesai.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi

Untuk membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi, maka kita bisa memanfaatkan situs Proxy di internet. Cara ini bisa digunakan pada Android maupun komputer. Jadi, silahkan praktikkan denganperangkat yang biasa Anda gunakan.

Di internet, tersedia banyak situs Proxy yang bisa digunakan. Namun, dalam artikel ini saya akan menggunakan Proxy Site saja. Berikut adalah caranya:

Cara-Membuka-Situs-yang-Diblokir-dengan-ProxySite

  1. Pertama, silahkan buka browser di perangkat Anda.
  2. Setelah itu, kunjungi situs Proxy Site.
  3. Selanjutnya, Anda akan melihat sebuah kolom dengan keterangan “negara” dan ‘URL”. Pada bagian negara, silahkan Anda pilih negara yang akan Anda gunakan, sedangkan pada URL silahkan masukkan alamat situs yang ingin Anda buka.
  4. Jika sudah, silahkan klik GO. Secara otomatis website Proxy Site akan berubah menjadi situs yang diblokir tadi.
  5. Selesai.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan.

Baca Juga: Cara Download Video di Twitter

Demikianlah artikel mengenai cara membuka situs yang diblokir di android maupun komputer. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *