Cara Membeli Domain Untuk Pemula

  • 3 min read
  • Jun 06, 2021

Di jaman modern ini, keberadaan suatu website atau blog sangat berguna untuk berbagai keperluan. Website atau blog dapat digunakan sebagai branding suatu bisnis, sebagai media informasi hingga menjadi catatan bagi para pemilik blog.

Di website atau youtube sudah banyak diulas tentang cara membuat blog paling mudah dan bahkan gratis. Banyak layanan yang secara gratis menyediakan hosting seperti blogspot atau wordpress.com. Namun karena gratis, maka masih mencantumkan nama dari penyedia jasa layanan tersebut.

Misalnya saja blogspot, maka ketika Anda membuat blog gratisan dengan blogspot, maka di blog Anda nantinya akan tetap mencantumkan nama blogspot tersebut (mislanya: blog_anda.blogspot.co.id).

Atau jika Anda menggunakan platform wordpress.com, maka nantinya blog Anda juga akan mencantumkan nama wordpress di blog Anda tersebut, (Misalnya: blog_anda.wordpress.com).

Cara Membeli Domain Untuk Pemula

Dengan masih mencantumkan nama penyedia layanan gratis ini maka blog atau website Anda kurang begitu menarik. Karena kalau tujuannya untuk branding bisnis Anda, seolah-olah branding bisnis Anda kurang begitu kuat karena masih pakai gratisan.

Untuk itu faktor yang sangat penting yang dapat membuat suatu website atau blog agar memiliki branding yang bagus adalah dengan adanya nama domain yang dapat mewakili Anda atau bisnis Anda.

Domain ini dapat Anda beli di penyedia jasa layanan domain terkenal seperti namecheap.com, godaddy.com, namesilo.com. Pembayaran ke penyedia jasa domain luar negeri ini dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit atau Paypal.

Namun Jika tidak mau ribet dengan membeli domain dari jasa luar negeri yang harus menggunakan paypal atau kartu kredit, Anda dapat membelinya di domaiNesia saja. Di domaiNesia pembayaran bisa menggunakan transfer bank lokal.

Domain adalah nama yang dapat Anda pilih untuk mengidentifikasi server komputer agar lebih mudah diingat daripada menggunakan nomor IP. Tujuannya agar website dapat dengan mudah di akses oleh pengunjung melalui internet.

Agar mudah di ingat dan mudah ditemukan di internet, pemilihan nama domain harus dibuat dengan nama yang unik dan singkat agar mudah diingat dan mudah ditemukan oleh pencari.

Nama domain pada umumnya memiliki ekstensi seperti .com, .net, .id, .org, dan masih banyak ekstensi lainnya. Nama domain ini disesuaikan dengan bisnis yang sedang dijalankan.

Nah, pada tulisan kali ini, baguspedia akan membagikan cara awal untuk membeli sebuah domain untuk pemula dengan mudah.

Di Jaman milenial ini banyak yang mengintegrasikan bisnis-nya secara online melalui website. Tujuannya agar bisnisnya dapat menjangkau ke pelanggan yang lebih luas. Karena dengan adanya website maka bisnisnya dapat diakses oleh orang-orang di seluruh dunia.

Cara Membeli Domain Untuk Pemula

Nah, agar tidak salah memilih domain yang akan digunakan, silahkan simak beberapa tips berikut ini:

1. Cek Ketersediaan Domain

Mencari Ketersediaan Domain

Untuk mendapatkan domain yang sesuai dengan keinginan Anda atau sesuai dengan bisnis Anda, maka pertama kali yang harus dilakukan adalah melakukan pengecekan terhadap domain yang ingin Anda beli.

Karena domain ini mudah dibeli oleh siapa saja, kadang ketersediaan domain yang Anda inginkan sudah dibeli oleh orang lain.

Untuk mendapatkan informasi tentang ketersediaan nama domain ini, Anda dapat langsung masuk ke penyedia jasa domain. Misalnya domaiNesia.com atau rumahweb.com.

Anda tinggal memasukkan ide nama domain yang ingin Anda cari tersebut. Untuk hanya melakukan pengecekan ini, Anda tidak harus memiliki akun di registar ini.

Jika domain tersebut sudah dibeli orang, maka akan ada informasi kalau domain tersebut tidak tersedia. Namun jika nama domain tersebut masih ada, maka domain tersebut dapat Anda beli.

2. Mendaftarkan Nama Domain

Daftar Domain Di Domainesia

Jika setelah di cek ketersediaan nama domain dan ternyata domain tersebut masih ada, maka selanjutnya Anda dapat mendaftarkan atau membeli domain tersebut.

Namun sebelumnya Anda harus membuat akun di registar tersebut. Misalnya saja jika Anda mau membeli domain melalui domaiNesia.com maka Anda harus membuat akun terlebih dahulu di domaiNesia.com.

Besarnya biaya untuk pendaftaran atau pembelian domain akan disesuaikan dengan kualitas nama domain dan ekstensi dari domain tersebut.

Semakin terkenal atau semakin tinggi peminatnya nama domain tersebut maka harga juga semakin mahal. Begitu juga dengan ekstensi-nya, setiap ekstensi memiliki harga yang berbeda-beda. (Misalnya : .com dengan .net akan memiliki harga yang berbeda).

3. Melakukan Pembayaran Domain

Langkah terakhir untuk cara membeli domain adalah dengan melakukan pembayaran terhadap domain yang telah didaftarkan. Pembayaran dapat disesuaikan dengan pilihan pembayaran yang diinginkan

Biasanya registar atau penyedia jasa domain menyediakan berbagai proses pembayaran melalui transfer bank atau dengan menggunakan kartu kredit atau Paypal.

Jika Anda membeli domain melalui domaiNesia.com, maka Anda dapat melakukan chekout atau pembayaran dengan melalui transfer dengan bank lokal ke rekening domaiNesia.com.

Setelah uang sudah di transfer ke rekening penyedia jasa domain, maka domain tersebut akan menjadi milik Anda. Anda dapat mengecek-nya melalui dashboard di akun Anda yang ada di penyedia jasa domain tersebut.

Setelah domain berada di akun Anda, selanjutnya Anda aktive-kan dan Anda intregasikan dengan hosting Anda agar segera bisa digunakan untuk menjadi website dan blog Anda.

Sebagai catatan, domain dapat dibeli dengan minimal jangka waktu 1 tahun. Untuk setiap tahunnya akan ada pemberitahuan dari pihak penyedia jasa domain melalui email untuk Anda perbarui agar domain masih tetap dapat digunakan.

Baca juga : Web Browser Terbaik

Demikian ulasan mengenai cara membeli domain untuk pemula yang dapat Anda lakukan. Kelebihan membeli domain di penyedia jasa domain di Indonesia adalah dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan transfer dana antar bank lokal. Jadi silahkan Anda membeli domain di DomaiNesia.com saja.

Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *