Cara Cek Resi dan Ongkos Kirim di JNE

  • 3 min read
  • May 16, 2020

Simak ulasan tentang ✓ cara cek resi di JNE dan ✓ cara mengetahui ongkos kirim di JNE beserta video lengkap.


Berkembangnya marketplace dan jualan online di Indonesia membuat perkembangan jasa pengiriman semakin meningkat. Dengan demikian Anda juga harus paham tentang istilah dan kode-kode pengiriman untuk mengetahui status barang atau paket Anda.

Jasa Pengiriman Barang JNE

Di Indonesia semakin subur bermunculan perusahaan jasa atau ekspedisi pengiriman paket atau barang. Mulai dari yang hanya melayani pengiriman dalam negeri atau yang sampai pengiriman ke luar negeri.

Jasa pengiriman barang yang sudah populer di telinga masyarakat Indonesia seperti JNE, Tiki, JNT, POS, Wahana dan Sicepat. Jasa ekspedisi ini sudah menjadi perusahaan pengiriman barang terbaik di Indonesia.

Sebagai salah satu praktisi penjual online di marketpace indonesia, selama ini kami sering menggunakan jasa pengiriman barang untuk dikirim ke pelanggan atau pembeli online.

Cara Cek Resi Di Jne

Jasa ekspedisi yang sering kami gunakan adalah JNE. Karena JNE merupakan salah satu jasa pengiriman terbesar di Indonesia yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Dahulu ketika kita akan mengirim barang ke suatu daerah di Indonesia hanya menggunakan layanan POS saja. Saat ini kita bisa menggunakan berbagai macam jasa pengiriman barang yang tersedia.

Saat ini kami memilih jasa pengiriman JNE sebagai mitra. Pengiriman barang melalui JNE relatif singkat dan biayanya juga cukup murah.

Ketika mengirim barang Anda bisa menyesuaikan dengan jenis layanan JNE yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan Anda.

Dengan berbelanja di marketplace Anda bisa dengan mudah mengetahui status pengiriman barang melalui tracking barang di website marketplace tersebut.

Namun bagaimana kalau Anda membeli barang online tanpa melalui marketplace?

Jangan khawatir, walau Anda membeli barang tanpa melalui marketplace, Anda masih bisa melakukan tarcking barang dengan menggunakan nomor resi.

Jadi jangan ragu-ragu atau sungkan untuk selalu meminta nomor resi kepada penjual. Tapi biasanya kalau penjual yang profesional, akan selalu mengirimkan bukti atau nomor resi melalui whatsapp atau pesan jalur pribadi ke Anda.

Jadi dengan nomor resi ini Anda bisa melakukan tracking barang sendiri melalui website jasa pengiriman atau blog yang menyediakan cara cek resi online.

Nah hal ini sangat penting sehingga Anda dapat tahu sudah sampai di mana barang Anda dikirimkan.

Cara Cek Resi dan Ongkos Kirim JNE

Video Cara Cek Nomer Resi Dan Ongkos Kirim Jne

Nomor resi inilah yang nanti bisa digunakan untuk melakukan tracking pengiriman (mengetahui status pengiriman).

Untuk Anda yang masih bingung atau belum mengetahui cara menggunakan nomor resi untuk tracking berikut cara cek resi di JNE dan kami sertakan video.

Cara Cek Resi di JNE

  1. Setelah Anda mendapatkan bukti resi dari penjual, silahkan Cari nomor resi pada lembar bukti pengiriman paket.
  2. Kunjungi website resmi JNE di www.jne.co.id
  3. Masukkan nomor resi (atau dalam JNE disebut connote) tersebut pada kotak tracking pengiriman.
  4. Lalu klik tombol ‘Cek Resi’ yang ada di sebelah kanan.
  5. Posisi barang kiriman atau paket yang dikirim statusnya akan muncul di bawah kotak pencarian.
  6. Untuk melakukan tracking barang atau paket yang lain silahkan ulang seperti langkah di atas.

Video Cara Cek Resi

Berikut video cara cek resi JNE, agar Anda bisa mengetahui status barang atau paket yang Anda kirim atau paket atau barang yang akan Anda terima.

Catatan: Jadi sangat dianjurkan untuk Anda senantiasa meminta nomor resi ke pihak penjual jika Anda membeli barang langsung ke penjual tanpa melalui marketplace.

Selain bisa untuk mengetahui status pengiriman melalui website resmi JNE, Anda juga bisa memanfaatkan website ini untuk mengetahui ongkos kirim dari lokasi penjual ke lokasi kota rumah Anda. Biasanya biaya ongkos kirim ini mewakili dari kota asal ke kota tujuan.

Cara Cek Ongkos Kirim di JNE

Berikut langkah cara cek biaya kiriman di JNE:

  1. Kunjungi website resmi JNE di www.jne.co.id.
  2. Setelah masuk ke halaman website JNE, pilih cek ongkos kirim.
  3. Fokus pada fitur Tarif Kiriman yang berada di bawah fitur Lacak Kiriman.
  4. Isi nama kabupaten atau kota (Origin shipment). Setelah itu masukkan kota tujuan pada kolom tujuan (Destination shipment).
  5. Jangan lupa isi perkiraan berat paket yang akan dikirim (Weight). Kemudian ‘Klik Check’.
  6. Cara Cek Ongkos Kirim Di Jne Langkah 1 1
  7. Masukkan Captcha yang muncul berupa huruf dan angka dengan tepat. Kemudian ‘Klik Check’.
  8. Cara Cek Ongkos Kirim Di Jne Langkah 2
  9. Setelah itu akan muncul jenis layanan JNE dengan tarif yang berbeda-beda mulai dari REG sampai JTR.
  10. Cara Cek Ongkos Kirim Di Jne Langkah 3
  11. Silahkan pilih jenis layanan sesuai yang Anda inginkan, untuk menyesuaikan biaya ongkos kirim dan perkiraan barang sampai.

Hal ini sangat membantu untuk Anda yang suka berbelanja online, agar Anda bisa menganggarkan dana untuk berbelanja online plus ongkos kirim yang harus dikeluarkan.

Hal ini juga akan sangat membantu buat Anda sebagai penjual online agar lebih mudah dalam mengetahui ongkos kirim dan memberi info kepada pembeli atau pelanggan.

Video Cara Mengetahui Ongkos Kirim JNE

Berikut video cara mengetahui ongkos kirim JNE, agar Anda bisa mengetahui besar biaya yang Anda keluarkan untuk mengirim ke kota tujuan.

Jika Anda mempunyai smartphone Anda bisa dengan mudah mengetahui status pengiriman barang atau mengetahui biaya kirim barang menggunakan aplikasi JNE.

Baca juga : Istilah pengiriman JNE

Demikian informasi tentang video cara cek resi di JNE dan cara mengetahui ongkos kirim JNE yang perlu Anda pahami. Dengan Anda tahu cara mengecek nomor resi dan ongkos kirim JNE, maka Anda bisa tahu status barang atau paket yang di kirim.