Fitriyanto ✔ Seorang bocah dari desa yang gemar menjadi pembelajar ✔ suka dengan Komputer dan ✔ Menulis Blog.

Cara Cek RAM Laptop

RAM atau Random Access Memory adalah sebuah hardware laptop yang memiliki fungsi untuk memproses serta menjalankan program aplikasi. RAM juga sering disebut sebagai tempat penyimpanan data yang bersifat sementara.

Perlu Anda ketahui, RAM memiliki peran yang cukup penting dalam mempercepat kinerja laptop. Semakin besar ukuran RAM, maka akan semakin cepat juga kinerja laptop dalam menjalankan sebuah aplikasi.

Cara Cek RAM Laptop

Oleh karena itu, tak jarang pengguna laptop memiliki keinginan untuk melakukan upgrade RAM agar laptop tidak lemot ketika digunakan. Apakah Anda adalah salah satu orang yang hendak mengupgrade RAM?

Sebelum melakukan upgrade, ada satu hal penting yang harus Anda lakukan, yaitu melakukan cek RAM laptop. Anda harus tahu terlebih dahulu ukuran serta tipe RAM yang digunakan pada laptop Anda. Soalnya, kalau beda tipe, maka RAM tersebut tidak bisa digunakan.

Fungsi Cek RAM Laptop

Kita melakukan pengecekan RAM pasti dengan alasan, bukan? Yups, melakukan pengecekan RAM memang memiliki fungsi tersendiri. Adapun fungsi dari cek RAM adalah sebagai berikut:

1. Mengetahui Kapasitas RAM

Ini adalah hal dasar yang harus Anda ketahui pertama kali sebelum memutuskan untuk melakukan upgrade RAM. Anda harus tahu kapasitas RAM laptop yang digunakan agar bisa memperkirakan berapa ukuran yang harus ditambahkan.

Biasanya, seseorang melakukan upgrade RAM 2x lipat dari ukuran aslinya. Misal sebelumnya kapasitas RAM 4GB, biasanya RAM akan ditambahkan menjadi 8GB, begitu seterusnya.

2. Mengetahui Tipe RAM

Mengetahui tipe RAM laptop juga memiliki fungsi yang cukup penting. RAM terbagi menjadi beberapa tipe, diantaranya adalah RAM DDR3 dan RAM DDR4. Kenapa perlu mengetahui tipe RAM?

Nah, ketika laptop Anda menggunakan RAM DDR3, maka jika dipasang RAM DDR4 tidak akan masuk. Jadi hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan saat membeli RAM.

3. Mengetahui Merk RAM

Merk RAM juga sangat penting untuk Anda perhatikan ketika hendak melakukan upgrade. Pasalnya, ketika RAM yang Anda tambahkan berbeda merk dengan RAM yang terdapat pada laptop, maka bisa jadi kinerjanya tidak seimbang.

Dengan begitu, ada kemungkinan terjadi permasalahan yang berkaitan dengan RAM, seperti contohnya laptop blue screen. Jadi, usahakan Anda mengetahui RAM laptop Anda ketika hendak melakukan upgrade, nantinya tambahkan RAM dengan merk yang sama.

Cara Cek RAM Laptop

Untuk mengetahui spesifikasi RAM seperti kapasitas, tipe, maupun merk, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan baik itu dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi.

1. Stiker Spesifikasi Laptop

stiker spesifikasi laptop

Pada sebagian besar laptop, Anda akan melihat spesifikasi singkat ketika laptop dibuka. Biasanya, spesifikasi tersebut terletak pada bagian kanan ataupun kiri laptop, tepatnya di bawah keyboard.

Dengan melihat spesifikasi tersebut, Anda akan menemukan informasi RAM yang digunakan pada laptop. Cara ini adalah yang paling mudah karena tidak perlu menghidupkan laptop sama sekali.

Sayangnya, tidak semua laptop menampilkan informasi RAM pada spesifikasi yang terletak pada bagian body laptop ini. Ada juga yang hanya menampilkan informasi penting seperti VGA dan Processor saja, untuk RAM tidak dicantumkan.

2. Kardus Laptop

kardus laptop

Cara ini juga memiliki kelebihan tersendiri yaitu Anda tidak perlu menghidupkan laptop atau bahkan sampai membongkarnya. Anda cukup melihat pada bagian luar kardus original laptop dan Anda akan melihat informasi mengenai kapasitas RAM yang digunakan.

Contohnya pada gambar di atas, laptop Lenovo tersebut memiliki kapasitas RAM sebesar 2048MB atau kalau dikonversi menjadi satuan giga byte adalah 2GB.

3. Stiker Spesifikasi RAM

cek spesifikasi ram

Pada setiap RAM laptop ataupun komputer, biasanya terdapat stiker yang berisi informasi singkat mengenai RAM tersebut. Informasi penting yang bisa Anda dapatkan pada stiker tersebut adalah tipe dan kapasitas RAM.

Contohnya pada gambar di atas, RAM tersebut memiliki ukuran 8GB. Sedangkan untuk tipe atau jenisnya sendiri adalah RAM DDR4 (bisa Anda lihat pada bagian PC4 yang berarti DDR4).

Kelemahan cara ini adalah Anda harus membongkar laptop terlebih dahulu. Tapi sebenarnya tidak masalah sih, karena Anda hanya perlu membongkar bagian belakang saja, tidak sampai bongkar total.

4. System Laptop

system laptop

Pada laptop, ada sebuah tools yang digunakan untuk menampilkan spesifikasi singkat mengenai laptop Anda. Dalam informasi spesifikasi tersebut, Anda juga akan melihat kapasitas RAM yang digunakan laptop.

Contohnya pada gambar di atas, kapasitas RAM pada laptop yang saya gunakan adalah 8GB. Untuk mengecek RAM dengan system laptop, silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Pertama, silahkan Anda buka Windows Explorer pada laptop (tekan tombol Windows + E agar lebih cepat.
  2. Setelah itu, klik kanan pada This PC lalu pilih Properties. Nah, selanjutnya Anda akan dibawa menuju bagian system laptop dan Anda akan melihat kapasitas RAM laptop yang digunakan.
  3. Selesai.

5. Settings Laptop

settings laptop

Settings berisi berbagai pengaturan untuk mengubah-sesuaikan laptop sesuai keinginan. Pada bagian ini, Anda juga bisa melihat spesifikasi laptop untuk mengetahui kapasitas RAM yang digunakan.

Cara ini bisa Anda gunakan pada Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10. Dalam mempraktikkan cara ini, saya menggunakan sistem operasi Windows 10.

Berikut adalah cara cek RAM laptop dengan settings:

  1. Pertama, silahkan klik Start Menu (Icon Windows) yang terletak pada pojok kiri bawah.
  2. Setelah itu, klik icon gear atau Settings.
  3. Setelah settings terbuka, silahkan pilih System scroll ke bawah sampai menemukan bagian About.
  4. Pada bagian About itulah Anda bisa melihat kapasitas RAM yang digunakan laptop Anda.

6. Dxdiag

cek ram laptop menggunakan dxdiag

Dxdiag atau yang memiliki kepanjangan DirectX Diagnostic Tools adalah sebuah tools Windows yang digunakan untuk mengetahui informasi sistem laptop. Dengan ini, Anda juga bisa melakukan pengecekan RAM.

Cara penggunaan dxdiag juga cukup mudah dan efektif, jadi lumayan menghemat waktu Anda. Untuk menggunakan dxdiag, silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Pertama, silahkan masuk ke Run dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard.
  2. Setelah Run terbuka, silahkan ketikkan dxdiag lalu tekan Enter.
  3. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman yang berisi informasi sistem laptop seperti gambar di atas.

Jika Anda penasaran dengan informasi lain dari laptop Anda, maka tools ini sangat cocok karena mampu menampilkan spesifikasi laptop dengan cukup lengkap. Silahkan klik tab pada bagian atas untuk mengetahui informasi lainnya.

7. CPU-Z (Aplikasi Tambahan)

cek ram laptop dengan cpu z

CPU-Z adalah sebuah aplikasi pihak ketiga yang memiliki fungsi untuk mengetahui berbagai macam informasi laptop. Salah satu informasi yang akan Anda dapatkan dengan aplikasi ini adalah kapasitas RAM dan tipe RAM.

Untuk menggunakan CPU-Z, silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Pertama, silahkan Anda download terlebih dahulu aplikasi CPU-Z.
  2. Setelah itu, lakukan instalasi seperti biasanya.
  3. Setelah terinstall, silahkan buka aplikasi tersebut.
  4. Untuk melihat informasi terkait RAM, silahkan pilih tab Memory.

Nah, itulah beberapa cara cek RAM laptop dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Semua cara di atas bisa digunakan untuk melihat kapasitas RAM. Namun, yang bisa digunakan untuk mengetahui tipe laptop hanyalah cek stiker RAM dan menggunakan CPU-Z.

Oh ya, untuk mengetahui merk RAM, Anda bisa menggunakan cara ke-3 yaitu cek stiker RAM. Dengan cara tersebut, Anda akan melihat merk dari RAM yang digunakan oleh laptop Anda.

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga cara cek RAM laptop ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Fitriyanto ✔ Seorang bocah dari desa yang gemar menjadi pembelajar ✔ suka dengan Komputer dan ✔ Menulis Blog.