Charis ✔ Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan ✔ Komputer dan ✔ Menulis Blog.

Brightness Windows Tidak Berfungsi

Brightness atau kecerahan adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk mengatur kecerahan cahaya pada layar laptop, khususnya laptop Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Keberadaan fitur ini sangat dibutuhkan karena pengguna bisa mengatur kecerahan sesuai kebutuhan.

Penglihatan setiap orang itu berbeda-beda, ada yang matanya cocok dengan cahaya terang dan ada juga yang lebih cocok dengan cahaya yang redup. Oleh karena itu, pihak Windows memberikan fitur ini pada sistem operasi yang mereka buat salah satunya dengan alasan kesehatan.

Namun, beberapa pengguna Windows sering mengalami masalah dengan brightness ini, lebih tepatnya brightness tidak bisa dicerahkan maupun diredupkan. Nah, apakah saat ini Anda juga sedang mengalami hal tersebut? Jika iya, tenang dulu, kali ini akan saya bagikan cara mengatasinya.

Penyebab Brightness Windows Tidak Berfungsi

Yang saya tahu, brightness itu berkaitan dengan layar, dan layar juga berkaitan dengan VGA. Nah, ketika brightness tidak bisa diatur, maka kemungkinan besar penyebabnya terletak pada drivernya.

Kita semua pasti tahu kalau driver adalah software penting agar sebuah hardware berjalan dengan lancar. Tanpa driver, biasanya software tidak akan optimal ketika digunakan, bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.

Nah, jadi, sampai disini saya simpulkan bahwa penyebab dari masalah ini adalah driver, entah karena belum diinstall ataupun karena memerlukan update ke versi terbarunya.

Namun, ada kemungkinan juga ya penyebabnya bukan driver saja. Bisa jadi ada penyebab lain yang belum saya ketahui, soalnya ini juga berdasarkan pengalaman pribadi ketika menemui masalah brightness Windows tidak bisa berfungsi.

Mengatasi Kecerahan Windows Tidak Berfungsi

Bagi Anda yang mengalami masalah brightness Windows yang tidak bisa diatur, di bawah ini sudah saya paparkan beberapa cara yang bisa Anda gunakan:

1. Install Driver

tidak-bisa-mengatur-brightness-windows-7

Driver adalah software utama yang berkaitan erat dengan hardware laptop, salah satunya mengenai brightness. Ketika driver VGA belum terinstall di laptop, maka masalah ini memang sangat mungkin terjadi.

Penyebab driver laptop belum terinstall salah satunya adalah Anda baru saja install ulang, misal install Windows 7. Nah, mungkin saja Anda lupa install driver sehingga pada laptop Anda belum ada driver VGA.

Jika ternyata demikian, silahkan lakukan instalasi driver VGA menggunakan CD/DVD bawaan laptop atau bisa juga dengan download manual melalui website resmi laptop Anda. Jika sudah terinstall, silahkan restart laptop dan cek, apakah brightness laptop Anda sudah bisa diatur atau belum.

2. Update Driver

Walaupun sudah install driver, terkadang masalah pada VGA masih sering terjadi. Salah satu penyebab utamanya adalah driver belum diupdate. Nah, apakah driver VGA di laptop Anda sudah diupdate?

Untuk mengetahuinya, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan, berikut diantaranya:

2.1 DriverMax

cara-mengatur-brightness-windows-7

DriverMax adalah salah satu software driver updater yang cukup populer di kalangan pengguna Windows. Bukan tanpa alasan, aplikasi ini mampu mendeteksi driver yang masih lawas untuk kemudian dilakukan update.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah mendukung berbagai versi Windows seperti Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows XP, Windows Vista, serta semua Windows Server editions baik yang 32-bit maupun 64-bit.

Untuk menggunakan DriverMax, berikut caranya:

  1. Pertama, silahkan download DriverMax terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, lakukan instalasi pada aplikasinya. Jika sudah diinstall, silahkan buka aplikasi tersebut.
  3. Selanjutnya, Anda akan masuk ke DriverMax, silahkan klik Driver updates dan centang pada driver VGA Anda atau bisa juga centang semua driver lalu klik Download and Install.
  4. Silahkan tunggu prosesnya sampai selesai.

2.1 Driver Booster

mengatur-brightness-windows-7-pc

Driver Booster juga memiliki fungsi yang sama dengan DriverMax, yaitu melakukan update pada driver yang versinya masih lawas. Untuk support sistem operasi, juga sama dengan DriverMax, mendukung hampir semua versi Windows.

Cara penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah, Anda tinggal melakukan install saja karena semua pengecekan sudah dilakukan secara otomatis oleh aplikasi ini.

Jika Anda tertarik menggunakan Driver Booster, silahkan ikuti cara berikut ini:

  1. Pertama, silahkan download Driver Booster.
  2. Setelah itu, silahkan lakukan instalasi seperti biasanya. Setelah diinstall, langsung buka aplikasi tersebut.
  3. Setelah aplikasi terbuka, Anda akan melihat daftar driver yang butuh diupdate, silahkan klik Update untuk melakukan update driver.
  4. Jika driver sudah diupdate semua, maka akan muncul tulisan Update Completed.

Setelah driver Anda update, silahkan lakukan restart pada laptop Anda. Sekarang, silahkan coba atur kecerahan layar Windows Anda apakah sudah bisa atau belum.

3. Roll Back

Terkadang, versi terbaru pada driver malah tidak cocok dengan laptop yang digunakan, sehingga masalah-masalah kecil sering muncul, seperti contohnya brightness yang tidak bisa diatur ini.

Roll Back adalah fitur Windows yang digunakan untuk mengembalikan versi Windows ke versi sebelumnya. Jadi, jika sebelumnya Anda masih bisa mengatur kecerahan layar, sedangkan setelah update driver malah jadi error, bisa jadi itu penyebabnya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kita coba untuk mengembalikan versi driver ke versi sebelumnya. Silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, silahkan buka Device Manager di laptop Anda.
  2. Setelah terbuka, silahkan klik Driver Adaptes klik kanan pada Driver VGA yang Anda gunakan > klik Properties. Jika ada 2 driver seperti gambar di bawah ini, silahkan lakukan pada keduanya.cara-menurunkan-brightness-windows-7
  3. Setelah properties terbuka, silahkan pindah ke tab Driver. Silahkan klik Roll Back Driver dan tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.

Setelah proses selesai, silahkan restart laptop Anda.

4. Enable / Disable Driver

Enable / disable driver memiliki fungsi yang hampir mirip dengan restart laptop. Jadi, tersebut akan memulai ulang semua prosesnya. Dengan melakukan ini, diharapkan masalah brightness yang tidak berfungsi ini bisa teratasi.

Untuk melakukannya, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Silahkan masuk ke Device Manager seperti cara sebelumnya.
  2. Setelah terbuka, silahkan klik Driver Adaptes klik kanan pada Driver VGA yang Anda gunakan > klik Disable device dan tunggu proses selesai.adjust-screen-brightness-windows-7-tidak-ada-di-komputer
  3. Jika sudah, silahkan lakukan hal yang hampir mirip yaitu klik kanan pada Driver VGA yang Anda gunakan > klik Enable device dan tunggu proses selesai.

Setelah itu, silahkan restart laptop Anda dan silahkan cek apakah brightness sudah berfungsi kembali.

5. Update Windows

brightness-windows-10-tidak-berfungsi

Jika semua cara di atas tidak ada yang berhasil, mungkin cara terakhir inilah yang akan mengatasi masalah tersebut. Dengan melakukan update Windows, maka versi Windows akan diupdate menjadi yang terbaru, dan bug yang ada pada versi sebelumnya akan teratasi.

Sebenarnya, jika Anda mengaktifkan auto update Windows, maka Windows akan melakukan update secara otomatis. Namun, jika Anda sengaja mematikannya, maka Windows tidak bisa melakukan update. Oleh karena itu, harus dilakukan secara manual.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi brightness Windows tidak berfungsi. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi kecerahan layar Windows yang tidak bisa diatur.

Charis ✔ Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan ✔ Komputer dan ✔ Menulis Blog.